STRATEGI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI DEMOKRASI PANCASILA DI SMP N 5 BATANG

Puspita, Melisa Dwi (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI DEMOKRASI PANCASILA DI SMP N 5 BATANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Melisa Dwi Puspita_17210047 PPKn soft file.pdf] Text
Melisa Dwi Puspita_17210047 PPKn soft file.pdf

Download (2MB)

Abstract

Melisa Dwi Puspita, Strategi Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
dalam Menanamkan Nilai-Nilai Demokrasi Pancasila di SMP N 5 Batang.
Universitas PGRI Semarang.
Sekolah merupakan lembaga yang memiliki peran besar dalam penanaman
nilai-nilai demokrasi Pancasila di kalangan siswa, sehingga sekolah harus
menanamkan nilai-nilai demokrasi pancasila dalam pengelolaan pendidikannya.
Penanaman nilai-nilai Demokrasi Pancasila dapat dilakukan dengan mengajarkan
kepada anak-anak tentang nilai-nilai Demokrasi Pancasila melalui pembelajaran di
kelas. Pelaksanaan demokrasi Pancasila di SMP Negeri 5 Batang sudah berjalan
dengan musyawarah kelas dilakukan untuk membahas permasalahan di kelas
tersebut. membentuk kelompok kerja, lomba kebersihan, lomba pentas seni,
pemilihan ketua kelas dan kegiatan lainnya. Namun tetap saja masih ada beberapa
siswa yang tidak berpartisipasi dalam kegiatan demokrasi di sekolah, oleh karena
itu perlu adanya strategi dari guru untuk bisa menanamkan nilai-nilai demokrasi
Pancasila, agar siswa dapat menerapkannya dilingkungan sekolah, masyarakat dan
keluarga.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif, Teknik
pengumpulan data meliputi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subyek
penelitian terdiri dari Guru PPKn dan Siswa SMP N 5 Batang.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan Strategi pengorganisasian guru dalam
mengajarkan nilai-nilai demokrasi Pancasila dengan memberi pemahaman peserta
didik mengenai zoon politicon, memberi kesempatan peserta didik memahami
kebebasan dan kewajibannya, baik di sekolah maupun di masyarakat, Memberi
pemahaman mengenai nilai-nilai keanekaragaman, memberi pemahaman mengenai
keadilan. Strategi penyampaian pembelajaran yang dipakai guru di SMP 5 Batang
dalam menanamkan nilai-nilai Demokrasi Pancasila menggunakan model
pembelajaran diskusi dengan pendekatan kontuktivistik atau memahamkan peserta
didik dalam mengaitkan konteks pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari.
Strategi pengelolaan pembelajaran guru berperan sebagai motivator, meningkatkan
motivasi dalam belajar menanamkan nilai-nilai Demokrasi Pancasila.
Simpulan dari penelitian ini guru mengajarkan nilai-nilai demokrasi
Pancasila dengan memberi pemahaman nilai-nilai yang terkandung dalam
demokrasi Pancasila dengan menggunakan pendekatan kontuktivistik atau
memahamkan peserta didik dalam mengaitkan konteks pembelajaran dengan
kehidupan sehari-hari dan guru berperan sebagai motivator dalam kegiatan
pembelajaran.
Kata Kunci : Strategi Guru, Demokrasi Pancasila

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 02:03
Last Modified: 25 Oct 2024 02:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6759

Actions (login required)

View Item
View Item