SETYANI, VEGA YUNI (2021) PENGGUNAAN NAMA KAFE DI SEMARANG DAN DAYA PRAGMATIK PENYERTANYA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
VEGA YUNI SETYANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Vega Yuni Setyani. NPM 17410030. “Penggunaan Nama Kafe di
Semarang dan Daya Pragmatik Penyertanya”. Skripsi. Fakultas Pendidikan
Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Drs. Siswanto PHM,
M.Pd. dan Pembimbing II R. Yusuf Sidiq Budiawan S.Pd., M.A.
Kata Kunci: penggunaan nama kafe di semarang, daya pragmatik penyertanya.
Penelitian ini dilatarbelakangi maraknya penggunaan bahasa asing dan
pemilihan nama yang unik dan menarik yang digunakan sebagai label atau brand
pada badan usaha. Dari fenomena tersebut, menarik untuk diteliti apakah
penggunaan bahasa Indonesia akan mengurangi nilai estetika dari penamaan
tersebut atau tidak, serta memiliki pengaruh atau daya tarik terhadap minat
pengunjung atau tidak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan
nama kafe di Semarang? dan bagaimanakah daya pragmatik penyertanya? Adapun
tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan nama kafe di Semarang
dan mendeskripsikan daya pragmatik penyertanya.
Metode penyediaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi dan wawancara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik penyediaan data yang digunakan adalah
dokumentasi dan wawancara tidak terstruktur. Metode dan teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan dengan teknik pilah
unsur penentu dan metode agih dengan teknik dasar bagi unsur langsung serta
teknik lanjutan berupa teknik perluas. Metode dan teknik penyajian hasil analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini metode informal yaitu pendeskripsian
berupa kalimat, bukan angka-angka.
Dari hasil analisis akhir telah ditemukan bentuk penggunaan bahasa yang
didominasi oleh tingkat frasa berunsur nomina+nomina dan banyak terpengaruh
oleh penggunaan frasa bahasa Inggris (MD) dengan berbagai jenis bahasa yaitu
bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan bahasa asing yang didominasi oleh makna
yang mengarah kepada makna kehidupan. Nama-nama kafe di kota Semarang
dapat memberikan pengaruh atau daya tarik terhadap minat pengunjung yang
dapat dibagi menjadi tiga kategori yaitu, kuat, sedang, dan lemah yang termasuk
dalam jenis tindak perlokusi membuat lawan tutur tahu, menarik perhatian,
mengalihkan perhatian, dan membujuk.
Saran yang dapat disampaikan penulis bahwa pebisnis dan calon pebisnis
di Indonesia perlu memperhatikan pemilihan nama yang unik dan menarik yang
tak perlu selalu menggunakan bahasa asing untuk meningkatkan eksistensinya.
Pelabelan nama berbahasa Indonesia sangatlah mampu bersaing di era globalisasi
saat ini meskipun tidak menggunakan bahasa asing, dan tentunya jika kafe
tersebut ditunjang dengan pelayanan dan sajian menu yang menarik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 02:02 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 02:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6758 |