PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS 2 TEMA 7 SUBTEMA 1 (KEBERSAMAAN DI RUMAH) DI SDN BEKETEL 02 KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI

LESTARINI, MELINDA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS 2 TEMA 7 SUBTEMA 1 (KEBERSAMAAN DI RUMAH) DI SDN BEKETEL 02 KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MELINDA LESTARINI.pdf] Text
MELINDA LESTARINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

MELINDA LESTARINI. NPM 17120151.” Pengembangan Media Video
Pembelajaran Daring Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Kelas
2 Tema 7 Subtema 1 (Kebersamaan Di Rumah) Di SDN Beketel 02 Kecamatan
Kayen Kabupaten Pati”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2021. Dosen Pembimbing
I: Arfilia Wijayanti S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: M.Yusuf Setia Wardana
S.Pd., M.Pd.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah guru tidak menggunakan media
dalam pembelajaran dan juga tidak menggunakan model pembelajaran, sehingga
siswa kurang memahami materi dalam pembelajaran di WhatsApp group. Upaya
untuk memecahkan permasalahan tersebut salah satunya dengan menggunakan
media video daring menngunakan model Problem Based Learning (PBL).
Rumusan
Masalah
dalam
penelitian
ini
adalah
(1)
Bagaimanakah
pengembangan video pembelajaran daring menggunakan model Problem Based
Learning (PBL) kelas 2 tema 7 subtema 1 (kebersamaan di rumah) di SDN
Beketel 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati yang valid ?. (2) Bagaimanakah
pengembangan video pembelajaran daring menggunakan model Problem Based
Learning (PBL) kelas 2 tema 7 subtema 1 (kebersamaan di rumah) di SDN
Beketel 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati yang praktis dan berdaya guna ?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui valid serta praktis dan berdaya guna
video daring menggunakan model Problem Based Learning (PBL).
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Beketel 02, Kecamatan Kayen, Kabupaten
Pati. Jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan lima tahap
penelitian yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap
implementasi, dan tahap evaluasi.
Berdasarkan analisis yang dilakukan , diperoleh hasil rata-rata penilaian yang
diperoleh dari ahli media sebesar 89% dengan kriteria “Baik Sekali”, dan hasil
rata-rata penilaian yang diperoleh dari ahli materi sebesar 95%. Berdasarkan hasil
tersebut, dapat diketahui bahwa media video daring menggunakan model Problem
Based Learning (PBL), valid digunakan di kelas dua Sekolah Dasar. Hasil rata-
rata tanggapan siswa terhadap media video daring menggunakan model Problem
Based Learning (PBL) sebesar 100% dan hasil tanggapan guru terhadap media
video daring menggunakan model Problem Based Learning (PBL) sebesar 95%.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa, media video daring
menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada tema 7 subtema 1
praktis dan berdaya guna di kelas dua Sekolah Dasar.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
media video daring menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 01:59
Last Modified: 25 Oct 2024 01:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6756

Actions (login required)

View Item
View Item