PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI DI SMA N 2 SLAWI

Alkindi, Muhammad Ihza (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI DI SMA N 2 SLAWI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSi muh ihza alkindi (15230045).pdf] Text
SKRIPSi muh ihza alkindi (15230045).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

MUHAMMMAD IHZA ALKINDI. NPM 15230045. “Pengaruh model
pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Teaching Games For
Understanding (TGFU) Terhadap Passing Bawah Bola Voli Sada Siswa Kelas XI
SMA N 2 Slawi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan
Rekreasi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Kesehatan dan Rekreasi
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. Galih Dwi Pradipta,
S.Pd,. M.Or dan Utvi Hinda Zhannisa, M.Or 2021.
Penelitian bertujuan untuk untuk mengetahui apakah ada pengaruh dalam
keterampilan passing bawah bola voli dengan menggunakan model pembelajaran
NHT dan TGFU pada siswa SMA N 2 Slawi. Hal ini dikarenakan siswa sangat
membutuh model pembelajaran NHT dan TGFU agar siswa mampu menerima
materi dengan baik dan tidak merasa bosan saat pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode true
experimental design dengan jenis pretest-posttest experiment group design.
Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Mipa 1 dan 2 SMA Negeri 2
Slawi yang berjumlah 37 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini
diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi, dan tes.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif
dengan menggunakan persentase. Berdasarkan dari analisis data kemampuan
passing bawah pada siswa kelas XI SMA N 2 Slawi diketahui pada hasil
pengkategorian pretest dan posttest dari keseluruhan siswa kelas XI Mipa 1 dan 2
mengalami peningkatan dari hasil pretest yang belum melampaui KKM pada
kelas XI Mipa 1 terdapat 16 siswa atau 100% dan kelas XI Mipa 2 terdapat 18
atau 85%. Setelah mendapat perlakuan dari masing-masing model pembelajaran
,diperoleh hasil posttest yang sudah melampaui KKM kelas XI Mipa 1 terdapat 16
siswa atau 100% dan kelas XI Mipa 2 terdapat 21 siswa atau 100%. Artinya
terdapat perbedaan nilai hasil belajar lebih baik antara sebelum (pretest) dan
sesudah (posttest) yang menggunakan model Numbered Head Together (NHT)
dan Teaching Games For Understanding (TGFU) terhadap passing bawah bola
voli siswa kelas XI SMA N 2 Slawi.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
model Numbered Head Together (NHT) dan Teaching Games For Understanding
(TGFU) dapat digunakan sebagai alternatif guru dalam mengajar pembelajaran
PJOK di kelas.
.
Kata kunci : Model Numbered Head Together (NHT) dan Teaching Games For
Understanding (TGFU), Passing Bawah Bola Voli, PJOK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 01:55
Last Modified: 25 Oct 2024 01:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6751

Actions (login required)

View Item
View Item