PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI ATLETIK LARI SPRINT 100 METER DI SMP NEGERI 1 KEDU TEMANGGUNG.

Umah, Mufidatul (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI ATLETIK LARI SPRINT 100 METER DI SMP NEGERI 1 KEDU TEMANGGUNG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI MUFIDATUL (1).pdf] Text
SKRIPSI MUFIDATUL (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah masih banyak siswa yang belum
mampu mencapai nilai yang sudah di tetapkan oleh guru. Kurangnya variasi
Model pembelajaran, kurang dalam kemampuan secara motorik, dan kognitif
dalam pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa itu sendiri.
Melihat permasalahan tersebut, maka perlu adanya pembelajaran yang efektif agar
siswa termotivasi dalam belajar sehingga mampu memberikan hasil belajar yang
baik dan maksimal dari hal tersebut peneliti ingin melihat pengaruh dari
penerapan Model Problem Based Learning dan Project Based Learning. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar
Siswa Kelas VIII.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Pendekatan kuantitatif
Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Two Group Pre-test
dan Post-test Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Kedu Temanggung tahun 2020/2021. Sampel yang digunakan pada
penelitian ini menggunakan teknik sample rondom sampling sehingga didapat 2
kelas secara acak.
Dalam penelitian eksprimen Problem Based Learning dan Project Based
Learning memiliki taraf signifikan 5% dan N=32 dan 30, sehingga untuk kelas
eksperimen Problem Based Learning diperoleh nilai L hitung < L tabel yaitu
0,1496 < 0,1566 maka Ha untuk kelas eksperimen Projec Based Learning
diperoleh nilai 0,1615 < 0,1618 maka Ha diterima sehingga kelas ekperimen
Problem Based Learning dan kelas eksperimen Projec Based Learning berasal
dari populasi yang berdisteribusi yang normal.
Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based
Learning dan Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
belajar materi lari sprint jarak 100 meter. Saran Bagi peneliti yang akan
menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based
Leraning lebih baik memahami setiap tahapan yang terdapat dalam pembelajaran
ini. Hal ini dilakukan agar setiap tahapan berjalan dengan baik sehingga dapat
digunakan dengan efektif.
Kata Kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based
Learning, Hasil belajar, materi Atletik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 01:52
Last Modified: 25 Oct 2024 01:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6748

Actions (login required)

View Item
View Item