PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK STRIP DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI TEKS FIKSI PADA KELAS IV SD NEGERI

SARI, MELANIA KARTKA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK STRIP DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI TEKS FIKSI PADA KELAS IV SD NEGERI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MELANIA KARTKA SARI.pdf] Text
MELANIA KARTKA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

MELANIA KARTIKA SARI. NPM 17120259. “ Pengembangan Media Komik
Strip Untuk Meningkatkan Aktivitas Mengidentifikasi Teks Fiksi Siswa Kelas IV
SD Negeri Karangawen”. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa kelas IV SD
Negeri Karangawen masih kesulitan dalam memahami materi teks fiksi
khususnya dalam mencermati cerita fiksi pada muatan mata pelajaran bahasa
Indonesia serta kurangnya variasi media pembelajaran dikarenakan belum adanya
media yang menarik mampu mengaktifkan siswa. siswa kelas IV lebih tertarik
belajar menggunakan media gambar seperti komik. Tujuan dari penelitian
pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media komik strip sehingga
dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengidentifikasi teks fiksi dan untuk
mengetahui kelayakan produk media komik strip materi teks fiksi.
Penelitian ini menggunakan medel ADDIE dengan Jenis penelitian R&D
(research and development). Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
observasi, wawancara, dan angket. Hasil dari penelitian ini bahwa peneliti
menciptakan produk komik strip digital berbentuk aplikasi android studio pada
mobile phone. Didapatkan presentase kevalidan materi oleh validator 1 pada tahap
pertama sebesar 75% dan oleh validator materi 2 dengan presentase sebesar 92%,
hasilnya meningkat pada tahap kedua dengan presentase sebesar 92% melalui
tahap revisi oleh validator I. Hasil dari ahli media tahap pertama dengan validator
1 mendapat presentase sebesar 70,2% dan oleh validator 2 dengan presentase
95,2% dengan hasil yang meningkat pada tahap kedua oleh validator 1 sebesar
93,3%. Keefektifan media dilihat dari hasil angket tanggapan siswa 97,4% dan
hasil respon guru sebesar 92,5% dengan hasil aktivitas siswa sebesar 91,7%.
Berdasarkan dari data respon siswa dan guru terhadap media komik strip
dapat disimpulkan bahwa media mendapat respon yang positif yaitu media dapat
diterima dan dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia
materi teks fiksi. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan media komik strip
teruji valid dan layak digunakan. dalam pengembangan media ini saran yang
dapat penulis sampaikan adalah supaya guru dapat menerapkan media komik strip
ini dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Kata Kunci : pengembangan Media, Komik Strip, Kelas IV SD

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 01:50
Last Modified: 25 Oct 2024 01:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6746

Actions (login required)

View Item
View Item