ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN ERROR ANALYSIS (NEA)

MALIYANI, MUFIDAH (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN ERROR ANALYSIS (NEA). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI Mufidah Maliyani.pdf] Text
SKRIPSI Mufidah Maliyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis kesalahan apa dan faktor-faktor
penyebab yang dilakukan oleh siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan
Newman Eror Analysis (NEA). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Subjek penelitian ini terdiri dari 3 siswa kelas VIII C dengan 1 siswa yang berkemampuan
matematika tinggi, 1 siswa yang berkemampuan matematika sedang dan 1 siswa yang
berkemampuan matematika rendah. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu ter tertulis dan
wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu
membandingkan hasil tes tertulis dengan hasil wawancara. Analisis dikembangkan
berdasarkan indikator kesalahan Newman Error Analysis (NEA). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa yang berkemampuan matematika tinggi
adalah kesalahan memahami masalah (comprehension error) dan kesalahan ketrampilan proses
(proses skill). Kesalahan yang dilakukan siswa yang berkemampuan sedang adalah kesalahan
transformasi (transformation error), kesalahan ketrampilan proses (proses skill ) dan kesalahan
penulisan jawaban akhir (encoding error). Siswa yang berkemampuan matematika rendah
adalah kesalahan memahami masalah (comprehension error), kesalahan transformasi
(transformation error), kesalahan ketrampilan proses (proses skill ) dan kesalahan penulisan
jawaban akhir (encoding error).
Kata kunci : Analisis kesalahan, Soal Cerita, Prosedur Newman Eror Analysis (NEA).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 01:50
Last Modified: 25 Oct 2024 01:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6745

Actions (login required)

View Item
View Item