ULYA, MEILYANA ASNI (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS 4 SD NEGERI 1 PURWOHARJO COMAL PADA MASA PEMBELAJARAN DARING. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MEILYANA ASNI ULYA 17120255-1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Ulya, Meilyana Asni. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SD
Negeri 01 Purwoharjo Pada Masa Pembelajaran Daring”. Skripsi. Prodi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing M. Yusuf Setia W. S.Pd., M.Pd. Dan Prasena Arisyanto.
S.Pd., M.Pd. 187 halaman.
Kata Kunci : kesulitan belajar, pembelajaran daring
Pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 yang dilakukan pada
kelas IV SD Negeri 01 Purwoharjo mengalami beberapa kesulitan pada proses
pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengeathui bagaimana proses
pembelajaran daring di SD N 01 Purwoharjo Comal. 2) menganalisis kesuilitan
belajar siswa kelas 4 SD N 01 Purwoharjo comal pada masa pembelajaran daring.
3) Mengidentifikasi cara mengatasi kesulitan belajar SD N 01 Purwoharjo Comal.
Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di
SD Negeri 01 Purwoharjo Comal. Subjek penelitian ini meliputi siswa kelas IV,
guru pengampu kelas IV, orang tua / wali murid kelas IV, dan kepala sekolah.
Validitas data dilakukan dengan cara triangulasi data untuk membuktikan
keabsahan data yang diperoleh. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Konsep yang digunakan untuk menganalisis hasil penelitian adalah konsep
kesulitan belajar.
Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran daring yang
dilakukan mengalami permasalahan pada beberapa hal seperti: 1.) Kurangnya
pendampingan orang tua. 2.) Keterbatasan perangkat pembelajaran khusunya
gawai dan internet. 3.) Materi pembelajaran yang tidka mudah dipahami. 4.)
Suasana belajar daring yang membosankan. Adapun cara untuk mengatasi
kesulitan ditempuh melalui: 1.) Adanya kolaborasi antar orang tua dengan guru
untuk saling mengingatkan materi maupun tugas pembelajaran. 2.) Orang tua
yang mampu secara ekonomi memasukan anaknya kedalam lembaga bimbingan
belajar atau mengundang guru les privat. 3.) Guru memberikan toleransi dan
disepensasi waktu pengumpulan tugas.
Saran dalam penelitian ini adalah: 1.) Pemerintah khususnya Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan dapat memberikan bantuan subsidi kuota secara rutin
kepada guru maupun siswa. 2.) Sekolah diharapkan dapat mempertimbangkan
pembelajaran tatap muka terbatas melalui kelompok belajar kecil. 3.) Guru
pengampu diharapkan lebih pro aktif dalam memberikan respon pembelajaran
daring.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 01:47 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 01:47 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6742 |