AFIFAH, MILA NUR (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II PADA MATERI NILAI TEMPAT DI SD N GAYAMSARI 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI MILA NUR AFIFAH 16120044 TAHUN AJARAN 2016 LULUS 2021.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
MILA NUR AFIFAH, 1120044.” Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa
Kelas II Pada Materi Nilai Tempat di SD N Gayamsari 01 Semarang ”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Tahun 2021.
Pembelajaran matematika di sekolah dasar merupakan mata pelajaran yang wajib
dipelajari siswa. Matematika mempunyai manfaat yang bisa siswa dirasakan sendiri,
khususnya di kehidupan siswa. Siswa SD N Gayamsari 01 kesuitan pada menuliskan
lambang bilangan,Pemahaman nilai tempat, Kesulitan dalam operasi hitung. Tujuan
penelitian untuk mendeskripsikan kesulitan belajar apa saja yang dialami siswa kelas II
pada materi nilai tempat di SD N Gayamsari 01 Semarang dan mendeskripsikan faktor
apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas II pada materi nilai tempat di
SD N Gayamsari 01 Semarang. Pengambilan data diperoleh dengan observasi, tes,
wawancara dan dokumentasi. Kesulitan yang dialami peserta didik kelas II SD Negeri
Gayamsrai dalam materi nilai tempat, yaitu kesalahan ketelitian, pemahaman konsep dan
proses perhitungan.Faktor penyebab kesulitan peserta didik disebabkan dari faktor
internal dan eksternal. Faktor internal peserta didik meliputi intelektual dan emosional
seperti percaya diri, minat belajar dan motivasi belajar. Sedangkan faktor eksternal
peserta didik meliputi kejelasan guru dalam menjelaskan, kondisi kelas dan lingkungan
keluarga.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 01:42 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 01:42 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6738 |