PROFIL KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MTs PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Safira, Ulya (2021) PROFIL KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MTs PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Ulya Safira_.pdf] Text
Ulya Safira_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profil Kemampuan Spasial Siswa MTS
Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Penelitian
ini dilakukan di MTs. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif
Kualitatif. Subjek Penelitian yang diambil adalah siswa kelas IX MTS tahun
ajaran 2021/2022 yang berjumlah 6 siswa yaitu 2 kemampuan matematika tinggi
(1 bergender feminim dan 1 bergender maskulin), 2 kemampuan matematika
sedang (1 bergender feminim dan 1 bergender maskulin), 2 kemampuan
matematika rendah (1 bergender feminim dan 1 bergender maskulin). Teknik
pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk penelitian ini adalah angket
(kuesioner), tes tertulis, wawancara. Teknik Analisis data yang digunakan adalah
dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik
Pengecekan Keabsahan Data yaitu menggunakan Triangulasi Teknik. Hasil
Penelitian Menunjukkan bahwa dalam kelas IX yang saya lakukan penelitian di
sekolah MTs ASSAKINAH kemampuan spasial feminim dengan kemampuan
matematika tingkat tinggi berhasil menjawab semua soal dengan benar yaitu 5
soal. Untuk kemampuan spasial maskulin dengan kemampuan matematika tinggi
berhasil menjawab 4 dari 5 soal dengan benar. Untuk kemampuan spasial feminim
dengan kemampuan matematika sedang berhasil menjawab 4 dari 5 soal dengan
benar tetapi tidak sempurna, subjek hanya mampu menguasai 3 indikator dengan
benar dan.dua indikor kurang menguasai. Untuk kemampuan spasial maskulin
dengan kemampuan matematika sedang subjek hanya mampu menguasai 1
indikator, kurang menguasai 2 indikator dan memiliki kelemaahan pada 2
indikator atau tidak menguasai 2 indikator. Untuk kemampuan spasial feminim
dengan kemampuan matematika rendah siswa mampu menyelesaikan 3 dari 5 soal
dengan benar. Dan terakhir untuk kemampuan spasial maskulin dengan
kemampuan matematika rendah untuk kemampuan spasial hanya mampu
menguasai 1 indikator, dan 1 kurang menguasai , dan lemah pada 3 indikator atau
tidak mampu atau tidak mengusai.
Kata Kunci: Kemampuan Spasial, Perbedaan Gender.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 01:42
Last Modified: 25 Oct 2024 01:42
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6736

Actions (login required)

View Item
View Item