ASTUTI, MEI IDA (2021) ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MELALUI PEMBELAJARAN DARING KELAS V SD NEGERI TRANGKIL 01 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MEI IDA ASTUTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
MEI IDA ASTUTI. NPM 17120212. “Analisis Hasil Belajar Matematika
Berbasis Multimedia Interaktif Melalui Pembelajaran Daring Kelas V SD Negeri
Trangkil 01 Pati”. Skripsi Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universtas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Qoriati Mushafanah, S.Pd.,
M.Pd dan Dosen Pembimbing II Dr.Iin Purnamasari, S.Pd.,M.Pd Oktober,2021.
Latar belakang yang mendukung penelitian ini adalah adanya pandemi Corona
Virus Disease (Covid-19) yang melanda Indonesia pada awal tahun 2020. Adanya
pandemi ini membawa dampak pengaruh baik di bidang ekonomi, kesehatan, sosial
budaya bahkan bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan, dampak yang paling
berpengaruh adalah adanya pembelajaraan dalam jaringan (daring) untuk menerapkan
social distancing guna memutus rantai penyebaran Covid-19.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Analisis Hasil Belajar
Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Melalui Pembelajaran Daring Kelas V SD
Negeri Trangkil 01 Pati”? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan menganalisis Hasil Belajar Matematika Berbasis Multimedia Interaktif
Melalui Pembelajaran Daring Kelas V SD Negeri Trangkil 01 Pati.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru
dan Siswa Kelas V SDN Trangkil 01 Pati. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan
data melalui wawancara,memberikan Angket atau Kuesioner di google form kepada
siswa yang dikirim melalui Whatsapp Grup linknya .Serta memberikan latihan soal untuk
menganalisis hasil pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis studi dokumentasi, Pelaksanaan
pembelajaran daring di SDN Trangkil 01 Pati dilaksanakan sesuai kebijakan yang
dikeluarlan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati. Pembelajaran daring
dilakukan dengan pembelajaran melalui sosial media seperti WhatsApp dan google form.
Akan tetapi, pembelajaran daring ini memiliki beberapa kendala yaitu kurangnya
penggunaan media pembelajaran yang sangat menarik agar hasil pembelajaran juga
maksimal,salah satu contohnya penggunaan Multimedia Interaktif berbasis Video dari
youtube, apalagi dalam pembelajaran matematika harus ada contoh Media yang konkrit
agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan dan juga hasilnya tentunya lebih
baik dari yang tidak menggunakan Multimedia Interaktif, jaringan internet yang kadang
tidak stabil, dan biaya kuota internet serta kurang maksimalnya transfer ilmu dari guru
kepada siswa.
Saran yang peneliti dapat sampaikan yaitu perlu adanya saran dan prasarana yang
mendukung pembelajaran daring seperti memanfaatkan Teknologi seperti penggunaan
Multimedia Interaktif dengan pemenuhan akses internet, pembelajaran daring dapat
dikolaborasikan dengan Multimedia Interaktif untuk memberikan pengalaman yang lebih
dan inovasi yang baru. Perlu adanya kerjasama antar sekolah dengan orang tua siswa untuk
mendukung siswa terkait pelaksanaan pembelajaran daring.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 01:38 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 01:38 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6734 |