ANALISIS PEMBELAJARAN DARING DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5A SDN BATURSARI 6

RAHMAWATI, MEGA YUNI (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5A SDN BATURSARI 6. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI MEGA YUNI 17120148.pdf] Text
SKRIPSI MEGA YUNI 17120148.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

MEGA YUNI RAHMAWATI, NPM 17120148. “ Analisis Pembelajaran Daring
dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5A SDN Batursari 6”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Dr. Anita Chandra Dewi S, M.Pd dan Pembimbing II Ari
Widyaningrum, S.Pd., M.Pd.2021
Pembelajaran daring merupakan sebuah pembelajaran jarak jauh yang
dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi pembelajaran seperti Google Meet,
Youtube, Whatshapp grup, dll dengan tujuan agar pembelajaran berjalan sesuai
dengan rencana pembelajaran yang mana dalam sebuah proses pembelajaran akan
menghasilkan suatu hasil pembelajaran yang disebut dengan hasil belajar. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran daring dan hasil belajar
siswa yang diperoleh selama pembelajaran daring dikelas 5A SDN Batursari 6.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitain ini
adalah siswa kelas 5A dan guru kelas 5A SDN Batursari 6. Objek dari penelitian ini
adalah pelaksanaan proses pembelajaran daring dan hasil belajar siswa kelas 5A SDN
Batursari 6. Data dari penelitain ini didapat dari wawancara, observasi dan
dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Teknik
analisis data menggunakan data reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian bahwa siswa mampu mengikuti proses pembelajaran daring
yang diterapkan guru dengan dapat mengikuti pembelajaran melalui aplikasi yang
digunakan, siswa mampu mengakses aplikasi secara individu, siswa mampu
melaksanakan pembelajaran dengan aktif sehingga pembelajaran daring tidak
menjadi kendala besar bagi siswa dan guru kelas 5A SDN Batursari 6 terbukti bahwa
guru mampu mengkondisikan, menjelaskan materi dan melaksanakan proses
pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran yang dibuat.
Kata kunci : Pembelajaran Daring, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 01:38
Last Modified: 25 Oct 2024 01:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6733

Actions (login required)

View Item
View Item