PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN SLIDE BERSUARA DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 BELIK PEMALANG

Devi, Mayanggi Kusuma (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN SLIDE BERSUARA DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 BELIK PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Skripsi Mayanggi Kusuma Devi 17210022.pdf] Text
Skripsi Mayanggi Kusuma Devi 17210022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Mayanggi Kusuma Devi, NPM 17210022 Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui
Penggunaan Slide Bersuara Dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Belik Pemalang.
Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Pendidikan Ilmu
Sosial dan Keolahragaan.Universitas PGRI Semarang. 2021
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa hasil belajar siswa mata
pelajaran PPKn kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Belik pemalang masih
dikategorikan rendah, karena hasil belajar siswanya rata-rata masih di bawah KKM,
yaitu 66,2 lebih kecil dari KKM 75. Salah satu yang diperkirakan menjadi
pemyebab kondisi tersebut adalah penggunaan media pembelajaran yang
konvesional seperti papan tulis, buku, dan metode ceramah. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan slide
bersuara dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas XI di SMK
Muhammadiyah 2 Belik Pemalang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif, dengan metode kuasi
eksperimen. Populasi sejumlah 52 siswa kelas XI TBSM sampel sejumlah 29 pada
kelas eksperimen dan 23 pada kelas kontrol. Variabel bebas (X) berupa penggunaan
slide bersuara dan variabel terikat (Y) hasil belajar siswa. Tehnik pengumpulan
datayang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Uji instrumen berupa
uji validitas, realibilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Tehnik analisis data
menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji t-test.
Hasil penelitian mejelaskan bahwa pada pelaksanaan pembelajaran oleh
guru PPKn sudah melaksanakan semua aspek dari kegitan inti hingga penutup.
Namun, ada beberapa aspek yang kurang terpenuhi seperti penjelasan mengenai KI
dan KD yang digunakan, aspek pendekatan saintific masih kurang adanya interaksi
antara guru dan siswa. Sedangkan Hasil hasil belajar siswa kelas eksperimen
diperoleh rata-rata sebesar 76,3. Namun, dari 29 siswa masih ada 8 siswa yang
nilainya masih dibawah KKM. Pada kelas kontrol, rata-rata yang diperoleh siswa
sebesar 69,1. Namun, terdapat 12 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM.
Simpulannya adalah Ada peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunan slide
bersuara dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas XI di SMK
Muhammadiyah 2 Belik Pemalang. Pada pembelajaran guru sudah melakukan setua
aspek namun masih ada beberapa aspek yang belum terlaksana dengan baik. Pada
hasil beljar sudah adanya peningkatan namu masih ada beberapa yang belum tuntas
seperti pada kelas eksperimen sejumlah 8 dan kelas kontrol 12. Saran yang dapat
disampaikan untuk guru PPKn bisa menggunakan media slide bersuara sebagai
salah satu alternatif media dalam pembelajara agar dapat meningkan hasil belajar
siswa khususnya mata pelajaran PPKn.
Kata kunci: Slide Bersuara, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 01:35
Last Modified: 25 Oct 2024 01:35
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6728

Actions (login required)

View Item
View Item