KUSUMA, MEGA DWI (2021) PEMAKAIAN KONJUNGSI PADA TEKS CERAMAH KARYA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 6 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MEGA DWI KUSUMA 17410120 (SKRIPSI).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kurang pemahaman peserta
didik kelas XI MIPA 3 di SMA N 6 Semarang, khususnya mengenai penerapan
konjungsi dalam sebuah teks ceramah. Selain itu, peserta didik saat mengerjakan
tugas yang diberikan secara asal tanpa memperhatikan konjungsi yang digunakan.
Melihat hal tersebut perlu adanya penjelasan lebih mengenai hal tersebut oleh
guru.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah seperti apakah penggunaan
konjungsi pada teks ceramah karya peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 6
Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021? Adapun tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsi pemakaian konjungsi pada teks ceramah karya peserta didik kelas
XI MIPA 3 SMA Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskripsi. Teknik kualitatif atau deskripsi digunakan untuk menganalisis data
konjungsi. Langkah-langkah yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu
observasi, simak, catat, dokumen. Dalam menganalisis data penelitian ini dibantu
dengan kartu data.
Dari analisis akhir yang dilakukan ditemukan bahwa peserta didik kelas
XI MIPA 3 SMA N 6 Semarang tahun ajaran 2020/2021 dalam menulis teks
ceramah terdapat kesalahan dalam penggunaan konjungsi dan juga peseta didik
dapat menerapkan penggunaan konjungsi dalam membuat teks ceramah. Saran
yang dapat penulis sampaikan adalah para guru dapat lebih menjelaskan mengenai
penggunaan konjungsi dalam membuat sebuah teks atau yang lainnya..
Kata kunci: pemahaman, konjungsi, teks ceramah, peserta didik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 01:32 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 01:32 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6727 |