PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN ENGKLEK PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI TINANDING

Laksono, Endra Tri (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN ENGKLEK PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI TINANDING. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI MAS ENDRA 15230094.pdf] Text
SKRIPSI MAS ENDRA 15230094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Endra Tri Laksono, NPM, 15230094, judul skripsi “Peningkatan Hasil
Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Pendekatan Bermain Engklek Pada
Siswa kelas VI SD Negeri Tinanding” Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang, 2019.
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang aktifnya
peserta didik saat pembelajaran lompat jauh, pembelajaran monoton sehingga
siswa merasa tidak tertarik dan terdapat nilai dibawah (KKM), Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok
dengan menerapkan pendekatan bermain engklek.
Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design Teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh. Dimana sampel dalam
penelitian yaitu siswa kelas VI SD Negeri Tinanding sebanyak 22 orang. Teknik
analisis data menggunakan uji normalitas dan uji-t yang diolah dengan bantuan
software SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar lompat jauh gaya jongkok
melalui pendekatan bermain engklek kelas VI, diketahui bahwa nilai dilakukan uji
hipotesis
dengan
Paired
Samplet
T-Test.
diperoleh
nilai
|Thitung|=|-
17,329|>Thitung (2,07961) dan nilai Sig. (0,000) < α (0.05) Dapat disimpulkan
bahwa terdapat peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok sebelum dan
sesudah diberi perlakuan. Dimana terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar
lompat jauh gaya jongkok sebesar 13,55% yang berasal dari rata-rata pretest
sebesar 73,484 naik menjadi rata-rata posttest sebesar 83,439. Dapat disimpulkan
bahwa penerapan pendekatan bermain engklek efektif untuk meningkatkan hasil
belajar lompat jauh gaya jongkok.
Kesimpulan dan saran: Peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya
jongkok melalui pendekatan bermain engklek pada siswa VI SD Negeri
Tinanding, berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan sebelum diberi
perlakuan dan setelah diberi perlakuan pada kelas VI yang mengacu pada guru
penjas dan siswa untuk lebih memfikirkan bagaimana modifikasi pembelajaran
agar siswanya lebih antusias mengikuti dan mudah memahami pembelajaran
lompat jauh.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Bermain Engklek. Lompat Jauh Gaya
Jongkok

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 08:20
Last Modified: 24 Oct 2024 08:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6723

Actions (login required)

View Item
View Item