PROFIL PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SAFIN PATI FOOTBALL ACADEMY DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

LESTARI, MARLINA INDAH (2021) PROFIL PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SAFIN PATI FOOTBALL ACADEMY DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI MARLINA INDAH LESTARI 17310115 TERBARU 2021.pdf] Text
SKRIPSI MARLINA INDAH LESTARI 17310115 TERBARU 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penalaran matematis siswa kelas VIII dalam menyelesaikan
soal matematika ditinjau dari gaya belajar. Mendeskripsikan profil penalaran matematis siswa
kelas VIII Safin Pati Football Academy dalam menyelesaikan soal matematika materi aljabar di
tinjau dari gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas VIII Safin Pati Football Academy yang di ambil sebanyak 3 siswa
berdasarkan angket gaya belajar, yaitu 1 siswa dengan gaya belajar visual,1 siswa dengan gaya
belajar auditori dan 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Setelah dikelompokkan sesuai gaya
belajarnya, peneliti melakukan tes penalaran matematis dengan materi SPLDV dan melakukan
wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu
membandingkan hasil tes penalaran matematis dengan hasil wawancara. Analisis dikembangkan
berdasarkan indikator penalaran matematis dengan memperhatikan gaya belajar yang
dimilikinya.Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa (1) kemampuan penalaran matematis pada
subjek yang memiliki gaya belajar visual dapat disimpulkan bahwa subjek mampu menyelesaikan
soal sesuai dengan 5 indikator penalaran matematis dalam menyelesaikan soal (2) kemampuan
penalaran matematis pada subjek yang memiliki gaya belajar auditorial dapat disimpulkan bahwa
subjek mampu menyelesaikan soal semua pertanyaan sesuai indikator penalaran matematis dengan
caranya sendiri.(3) kemampuan penalaran matematis pada subjek yang memiliki gaya belajar
auditorial dapat disimpulkan bahwa subjek mampu menyelesaikan soal sesuai indikator penalaran
matematis menggunakan caranya sendiri yaitu menuliskan semua cara saat menjawab pertanyaan.
Kata Kunci: penalaran matematis, gaya belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 08:16
Last Modified: 24 Oct 2024 08:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6717

Actions (login required)

View Item
View Item