KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN APLIKASI EDMODO DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KELAS III C SDN BATURSARI 6 KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK

RATNANINGSIH, MAULIDA ULFA (2021) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN APLIKASI EDMODO DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KELAS III C SDN BATURSARI 6 KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MAULIDA ULFA RATNANINGSIH.pdf] Text
MAULIDA ULFA RATNANINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

MAULIDA ULFA RATNANINGSIH. NPM 17120157. 2021. “Keefektifan
Penggunaan Aplikasi Edmodo dalam Pembelajaran Daring di Kelas
IIIC SDN Batursari 6 Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak” .
Skripsi . Program Studi Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pembelajaran menemukan
ide pokok wacana dengan menggunakan aplikasi Edmodo bagi peserta didik kelas
III sekolah dasar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia, (2) sikap positif peserta
didik kelas III sekolah dasar dalam kegiatan pembelajaran mengidentifikasi ide
pokok wacana dengan menggunakan aplikasi Edmodo.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis quasi exsperimen
(eksperimen semu) dengan desain Nonequivalent Control Group Design untuk
menganalisis keefektifan pembelajaran menemukan ide pokok wacana dengan
menggunakan aplikasi Edmodo di kelas III sekolah dasar. Penelitian dilakukan di
SDN Batursari 6 Sebagai kelas eksperimen adalah kelas IIIC sedangkan kelas
kontrol kelas IIIB. Hasil uji homogenitas data menujukkan bahwa data
berdistribusi normal atau homogen dengan nilai signifikansi (2-tailed) pada kelas
kontrol sebesar 0.460 > 0.05 dan pada kelas eksperimen sebesar 0.579 > 0.05.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keefektifan hasil belajar
menemukan ide pokok wacana antara kelas eksperimen yang menggunakan
aplikasi Edmodo dengan kelas kontrol yang menggunakan aplikasi WhatsApp.
Niai rata-rata posttest kelas eksperimen aspek pengetahuan 85,76 dan aspek
keterampilan 82,86. Adapun nilai rata-rata postes pada kelas kontrol pada aspek
pengetahuan 81,25 dan aspek keterampilan 81,61. Perbedaan hasil belajar pada
aspek pengetahuan 4,51 dan aspek keeterampilan 1,07. Simpulannya bahwa
aplikasi Edmodo lebih efektif dibandingkan apliaksi WhatsApp digunakan dalam
pembelajaran menemukan ide pokok wacana.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar
aplikasi Edmodo dapat digunakan oleh guru sebagai satu alternative dalam
pembelajaran jarak jauh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 08:14
Last Modified: 24 Oct 2024 08:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6714

Actions (login required)

View Item
View Item