ANALISIS PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA SUBTEMA TUBUHKU

SALAMAH, UKHTI (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA SUBTEMA TUBUHKU. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of UKHTI SALAMAH.pdf] Text
UKHTI SALAMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

UKHTI SALAMAH. NPM 16120460. “Analisis Pembelajaran E-
learning pada Subtema Tubuhku”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I: Filia Prima Artharina, S.Pd., M.Pd., dan Pembimbing II: Mila
Karmila, S.Pd., M.Pd
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah penerapan
pembelajaran e-learning belum optimal. Hal tersebut di sebabkan kurang
optimalnya pembelajaran e-learning dalam mengotimalkan kegiatan belajar
mengajar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah pengelolaan
pelaksanaan pembelajaran berbasis e-learning yang dilakukan oleh guru?, 2)
Bagaimanakah pemahaman siswa dalam mengikuti pembelajaran berbasis e-
learning?, 3) Apa kendala yang dihadapi dari pihak sekolah agar terselenggaranya
pembelajaran e-learning tersebut dapat berjalan secara optimal?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk Deskriptif.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 01 Kejambon Pemalang tahun
ajaran 2020/2021. Sampel yang diambil adalah 29 siswa kelas I dan guru kelas I.
data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan
dokumentasi.
Hasil analisis angket pembelajaran e-learning pada guru menunjukkan
bahwa dalam pengelolaan dan pemahaman guru terhadap e-learning dengan
empat aspek yaitu keterampilan teknologi (93%), kesiapan akses teknologi (87%),
sikap atau perilaku (87%), kesiapan institusi (75%). Disimpulkan bahwa dalam
pembelajaran e-learning memerlukan perbaikan pada aspek kesiapan institusi.
Selanjutnya hasil analisis pembelajaran e-learning pada siswa rerata yang
didapatkan adalah 67% pada kategori baik, dengan tiga aspek keterampilan
teknologi (55%), kesiapan akses teknologi (88%), sikap atau perilaku (70%) memerlukan perbaikan pada aspek keterampilan teknologi pada siswa dan juga
terdapat kendala kemampuan membaca.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 08:11
Last Modified: 24 Oct 2024 08:11
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6712

Actions (login required)

View Item
View Item