NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA FILM TAARE ZAMEEN PAR

IZZATI, UKHTI AULI (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA FILM TAARE ZAMEEN PAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of UKHTI AULIA IZZATI.pdf] Text
UKHTI AULIA IZZATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

UKHTI AULIA IZZATI. NPM 17120131. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter
Pada Film Taare Zameen Par”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing
I Rofian, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Moh. Aniq Khairul Basyar,
S.Pd.,M.Hum. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah semakin merosotnya
karakter yang dimiliki oleh anak-anak bangsa sekarang. langkah-langkah alternatif
untuk mengatasi kemrosotan karakter yaitu dengan menggunakan media film.
Tayangan televisi adalah salah satu aspek yang mempengaruhi pendidikan
karakter. Salah satu film yang dijadikan objek adalah serial film Taare Zameen
Par.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter
apa saja yang terdapat pada film Taare Zameen Par?. Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film
Taare Zameen Par.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif.
Sumber data peneltian berasal dari film Taare Zameen Par. Data yang digunakan
dalam penelitian adalah gambaran adegan dan tindakan yang menggambarkan
nilai-nilai pendidikan karakter pada film Taare Zameen Par. Data tersebut
diperoleh melalui observasi/pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan studi
pustaka. Observasi/pengamatan dilakukan dengan mengamati secara lebih
mendalam seluruh gambaran adegan dan tindakan yang dilakukan para tokoh film
Taare Zameen Par. Kegiatan wawancara dilakukan pada lima narasumber, yaitu
tiga siswa sekolah dasar kelas V, guru sekolah dasar, dam praktisi
pendidikan/dosen. Dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan semua berkas
yang berhubungan dengan nilai karakter pada film Taare Zameen Par. Studi
pustaka diperoleh dengan cara mengumpulkan data dari berbagai sumber pustaka
diantaranya
untuk
mengetahui
nilai-nilai
pendidikan
karakter,
peneliti
mengumpulkan data dari beberapa buku pendidikan karakter.
Hasil penelitian adalah bahwa film Taare Zameen Par mengandung
sepuluh nilai karakter, yaitu displin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis,
menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, tanggung jawab, dan
percaya diri. Kesepuluh nilai karakter tersebut muncul dalam gambaran adegan
dan tindakan yang dilakukan para tokoh film. Dari sepuluh nilai karakter tersebut,
nilai karakter disiplin, kreatif, dan percaya diri adalah nilai karakter yang sering
muncul dalam film Taare Zameen Par.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat disampaikan
adalah agar film Taare Zameen Par dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk
mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 08:08
Last Modified: 24 Oct 2024 08:08
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6707

Actions (login required)

View Item
View Item