FUAT, LU’LU’ ATUL (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 (LINGKUNGAN SAHABAT KITA) KELAS V SDN 4 GULANG KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI LULUATUL FUAT 17120331.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
LU'LU' ATUL FUAT. NPM 17120331. "Pengaruh Model Pembelajaran Probing
Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita)
Kelas V SDN 4 Gulang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus". Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya partisipasi
siswa dalam kegiatan belajar mengajar sehingga menyebabkan hasil belajar siswa
tidak maksimal.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Hasil belajar siswa sebagian
besar belum mencapai KKM. 2) Siswa kurang berpatisipasi dalam kegiatan
pembelajaran. 3) Model pembelajaran yang digunakan guru belum memecahkan
masalah belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap
hasil belajar siswa pada tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita) kelas V SDN 4 Gulang
Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode Pre- Eksperimenta Design dengan bentuk desain One Group Pre-test
Post-test Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN 4 Gulang
Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Sampel yang diambil adalah 21 Siswa
dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui tes hasil belajar dan lembar observasi.
Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif,
Uji Normalitas, dan Uji Independent T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
rata-rata skor hasil belajar siswa yaitu 63,14 sebelum diberi perlakuan (Pre-test)
dan 74,95 setelah diberi perlakuan (Post-test). Berdasarkan Uji Normalitas untuk
nilai Pre-test diperoleh nilai sig. Sebesar 0,490 atau 0,490 > 0,05. Sedangkan nilai
Post-test diperoleh nilai sig. Sebesar 0,215 atau 0,215 > 0,05. Jadi nilai Pre-test
maupun Post-test berdistribusi normal. Pada perhitungan Uji hipotesis melalui uji
independent sample t test pada taraf signifikansi 95%, didapatkan nilai signifikan
sebesar 0,795 > 0,05 artinya varians data antara Pre-test dan Post-test adalah sama
(homogen). Diperoleh nilai hasil thitung 3,596 dan ttabel 1,721 atau 3,596 > 1,721
maka Ho diterima dan Ha ditolak. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran
Probing Prompting efektif terhadap hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya model pembelajaran Probing Prompting dapat digunakan sebagai salah
satu alternatif guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 08:04 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 08:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6706 |