ADHITYA, LUCIANA WINDHA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA SUPERSCRAPBOOK SUKU BUDAYA (SUPERKUYA) DALAM PEMBELAJARAN TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SD. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI LUCIANA WINDHA 17120004.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
LUCIANA WINDHA ADHITYA. NPM 17120004. “Pengembangan Media
Superscrapbook Suku Budaya (SUPERKUYA) Dalam Pembelajaran Tema
Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing 1 Khusnul Fajriyah, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Prasena
Arisyanto, M.Pd. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian pengembangan ini adalah
pembuatan media pembelajaran yang dibuat oleh guru kurang menarik, sehingga
siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan permasalahan
yang ada peneliti memiliki motivasi untuk mengembangkan media pembelajaran,
yaitu Superscrapbook Suku Budaya (SUPERKUYA) dengan rumusan masalah:
(1) Bagaimana mengembangkan media SUPERKUYA dalam pembelajaran tema
Indahnya Keragaman di Negeriku bagi siswa kelas IV SD?, (2) Bagaimana
kelayakan media SUPERKUYA dalam pembelajaran tema Indahnya Keragaman
di Negeriku kelas IV SD?.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development model
ADDIE yang meliputi: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4)
Implementation, (5) Evaluation. Uji coba media dilakukan di SD Negeri
Mranggen 3. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan kualitas media
SUPERKUYA yang dikembangkan mendapatkan presentase dari ahli media
sebesar 91,67% dengan kriteria sangat layak dan presentase dari ahli materi
sebesar 92,71% dengan kriteria sangat layak. Adapun hasil uji coba lapangan,
hasil keberterimaan guru memperoleh presentase rata-rata 95,45% dengan kriteria
sangat layak dan respon siswa memperoleh presentase 94,50% dengan kriteria
sangat baik.
Kesimpulan berdasarkan perolehan hasil uji validasi dan uji coba lapangan
bahwa media Superscrapbook Suku Budaya (SUPERKUYA) layak digunakan
sebagai penunjang pembelajaran pada kurikulum 2013 bagi siswa kelas IV
sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 08:03 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 08:03 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6704 |