MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS IV SD NEGERI KEPOHAGUNG REMBANG

Lutfiana, Estika Citra (2021) MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS IV SD NEGERI KEPOHAGUNG REMBANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Skripsi Lengkap Estika Citra Lutfiana 17120183.pdf] Text
Skripsi Lengkap Estika Citra Lutfiana 17120183.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ESTIKA CITRA LUTFIANA NPM 17120183. “Minat Belajar Dalam
Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV SD
Kepohagung Rembang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2021. Dosen Pembimbing
I Prof. Dr. A. Y. Soegeng, Ysh., M.Pd. Dosen Pembimbing II Veryliana
Purnamasari, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah dengan adanya Surat
Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan Nomor 4 Tahun 2020 yang
mengharuskan segala bentuk pembelajaran dilaksanakan secara daring. Masalah
tersebut membuat siswa yang sudah terbiasa melaksanakan pembelajaran tatap
muka harus beralih menjadi pembelajaran daring. Berdasarkan situasi tersebut
penulis tertarik untuk mengamati minat belajar siswa selama pembelajaran daring.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana minat belajar dalam
pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 siswa kelas IV SD Negeri
Kepohagung Rembang?”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan minat belajar dalam pembelajaran daring pada masa
pandemi Covid-19 siswa kelas IV SD Negeri Kepohagung Rembang. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kepohagung Rembang tahun
ajaran 2020/2021. Dalam penelitian pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan
observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini berdasarkan indikator minat belajar siswa yaitu
perasaan senang, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan menunjukkan bahwa
pada dasarnya minat belajar siswa bagus namun karena adanya pandemi Covid-19
minat belajar siswa menjadi berkurang. Selama mengikuti pembelajaran daring
melalui media grup WhatsApp siswa merasa tidak senang dan lebih menyukai
pembelajaran tatap muka dikarenakan pembelajaran daring dirasa kurang efektif
bagi siswa. Namun, keinginan belajar siswa masih terbilang cukup baik, siswa
masih mempunyai rasa ingin tahu terhadap materi yang diberikan oleh guru dan
tetap mencari sumber belajar tambahan sendiri. Selain itu siswa kelas IV tetap
memperhatikan setiap intruksi yang diberikan oleh guru baik berupa materi
maupun penugasan sehingga siswa mampu mengerjakan dan mengumpulkan
tugas sesuai batas waktu yang ditentukan. Beberapa siswa masih tetap
memberikan respon ketika guru mengirim pesan melalui grup WhatsApp
meskipun respon hanya bersifat pasif sehingga tidak adanya interaksi antara guru
dengan siswa.
Saran
yang
dapat
disampaikan
hendaknya
bagi
sekolah
agar
mengupayakan minat belajar siswa dalam pembelajaran daring pada masa
pandemi Covid-19 tetap tinggi dengan merancang strategi pembelajaran daring
yang lebih menyenangkan dan tetap melakukan evaluasi setiap pembelajaran
untuk perbaikan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 08:01
Last Modified: 24 Oct 2024 08:01
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6702

Actions (login required)

View Item
View Item