LESTARI, PUJI (2021) PENGGUNAAN PREPOSISI DALAM TEKS DESKRIPSI PADA JAWA POS DAN KOMPAS SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR KELAS VII DI SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI LEGAL PUJI LESTARI 16410165.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Puji Lestari. NPM 16410165. “Penggunaan Preposisi dalam Teks
Deskripsi pada Jawa Pos dan Kompas Sebagai Alternatif Bahan Ajar kelas VII di
SMP”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Dr. Ngatmini, M.Pd. dan Pembimbing II Rawinda
Fitrotul M., S.S., M.A. Juni 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran di sekolah berkaitan dengan
penggunaan preposisi dalam teks deskripsi dari segi materi yang masih kurang.
Melihat kondisi seperti itu perlu adanya alternatif baru dalam penyampaian materi
untuk meningkatkan pengetahuan yang berkaitan dengan penggunaan preposisi
dalam teks deskripsi oleh peserta didik kelas VII di SMP. Alternatif baru yang
diterapkan dengan menggunakan koran Jawa Pos dan Kompas sebagai bahan ajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk dan
makna penggunaan preposisi dalam teks deskripsi pada Jawa Pos dan Kompas?
dan bagaimana alternatif bahan ajar preposisi teks deskripsi pada Jawa Pos dan
Kompas kelas VII di SMP? Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan
bentuk dan makna penggunaan preposisi dalam teks deskripsi pada Jawa Pos dan
Kompas serta mendeskripsikan alternatif bahan ajar preposisi dalam teks deskripsi
pada Jawa Pos dan Kompas kelas VII di SMP.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yang
mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena yang sedang terjadi. Metode dan
teknik penyediaan data dalam penelitian ini, yaitu metode simak dan teknik catat
yang digunakan dalam menganalisis bentuk dan makna penggunaan preposisi.
Metode dan teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu metode gabungan
berupa metode agih dan padan, serta terdapat metode dan teknik penyajian hasil
analisis data yang digunakan untuk memaparkan data dari analisis.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: 1) terdapat
bentuk penggunaan preposisi tunggal yang terdiri atas preposisi dasar, preposisi
berprefiks serta preposisi berprefiks dan bersufiks, serta terdapat bentuk
penggunaan preposisi gabungan yang terdiri atas preposisi berdampingan dan
preposisi berkorelasi, 2) terdapat makna penggunaan preposisi, 3) ketidaktepatan
penggunaan preposisi di dan pemborosan kata, dan 4) kesesuaian koran Jawa Pos
dan Kompas dalam teks deskripsi dengan empat aspek kriteria pemilihan bahan
ajar.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru dapat menjadikan Jawa
Pos dan Kompas sebagai alternatif bahan ajar dan menyelipkan tata bahasa dalam
proses pembelajaran baik secara tulis maupun lisan. Bagi peneliti selanjutnya
dapat melanjutnya menganalisis penggunaan preposisi yang belum ada agar
menambah pengetahuan baru. Editor surat kabar dapat menggunakan tata bahasa
yang baik dan benar sesuai dengan penggunaan kaidah kebahasaan tidak hanya
pada teks deskripsi, tetapi dapat diterapkan pada teks lain yang ada pada surat
kabar tersebut.
Kata Kunci: Penggunaan Preposisi, Teks Deskripsi, Jawa Pos dan Kompas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:57 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6699 |