ANALISIS LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN TERHADAP KARAKTER SISWA: STUDI KASUS SD NEGERI BINTORO 9 DEMAK

MUAWANAH, LAILATUL (2021) ANALISIS LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN TERHADAP KARAKTER SISWA: STUDI KASUS SD NEGERI BINTORO 9 DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LAILATUL MUAWANAH NPM 17120093.pdf] Text
SKRIPSI LAILATUL MUAWANAH NPM 17120093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Lailatul Muawanah. NPM 17120093. “Analisis Lingkungan Pondok Pesantren
Terhadap Karakter Siswa: Studi Kasus SD Negeri Bintoro 9 Demak”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
UNIVERSITAS PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Filia Prima Artharina,
S.Pd., M.Pd dan Dosen Pembimbing II Henry Januar Saputra, S.Pd., M.Pd., 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyaknya siswa yang
masih menempuh pendidikan sekolah dasar sudah dimasukkan oleh orang tuanya di
pondok pesantren salah satunya yaitu di wilayah kota Demak. Siswa yang sekaligus
menjadi santri di pondok pesantren tentu saja memiliki lingkungan yang berbeda
dengan siswa yang tinggal di rumah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana penerapan nilai-nilai
karakter terhadap siswa SD Negeri Bintoro 9 Demak yang tinggal di lingkungan
pondok pesantren?, 2) nilai karakter apa yang menonjol pada siswa SD Negeri
Bintoro 9 Demak yang tinggal di pondok pesantren?. Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan nilai-nilai karakter siswa
SD Negeri Bintoro 9 Demak yang tinggal di lingkungan pondok pesantren dan
untuk mendapatkan nilai karakter yang sering muncul pada siswa SD yang tinggal
di lingkungan pondok pesantren.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Responden dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa SD Negeri Bintoro 9 Demak yang tinggal di Pondok
Pesantren Subulussalam Demak tahun pelajaran 2020/2021. Sampel yang diambil
adalah 31 dari kelas 1 sampai kelas 6 dengan menggunakan teknik triangulasi
sumber. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara kepada Guru dan
Pengurus pondok pesantren, angket siswa dan lembar observasi guru dan pengurus
pondok pesantren menilai karakter siswa dan studi dokumentasi.
Berdasarkan Hasil analisis penelitian menyatakan bahwa penerapan nilai
karakter pada siswa SD Negeri Bintoro 9 Demak yang tinggal di lingkungan
pondok pesantren sudah baik yang diterapkan pada pembiasaan di lingkungan
sehari-hari dan karakter yang menonjol atau yang sering muncul pada siswa yang
tinggal di lingkungan pondok pesantren yaitu karakter religius, peduli sosial, cinta
tanah air, tanggung jawab, dan demokratif. Dengan demikian bahwa siswa yang
tinggal di pondok pesantren menerapkan 18 nilai karakter dengan baik.
Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah siswa diharapkan bisa lebih
kreatif lagi dalam segala hal baik dalam pembelajaran ataupun diluar jam
pembelajaran dan berani bertanya kepada guru mengenai pelajaran atau soal yang
belum dipahami dan harus percaya diri untuk bertanya, Guru dan pengurus ponpes
harus saling bersinergi untuk mengontrol karakter siswa SD Negeri Bintoro 9
Demak guna untuk memahami perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:56
Last Modified: 24 Oct 2024 07:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6696

Actions (login required)

View Item
View Item