Larastuti, Margiani Dian (2021) PENERAPAN MODEL INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI SDN 01 PULONGRAMBE. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Margiani_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
MARGIANI DIAN LARASTUTI. NPM 18126017. “Penerapan model
index card match pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 01 Pulongrambe”. Skripsi.
Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS
PGRI Semarang. UNIVERSITAS PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal tersebut disebabkan kurangnya
pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan kemampuan siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) adakah perbedaan hasil
belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran index card match 2)
Adakah peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model index card
match terhadap mata pelajaran IPA perubahan wujud benda kelas III SDN 01
Pulongrambe.
4. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-
Eksperimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas III sejumlah 20 siswa SDN
01 Pulongrambe tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang diambil adalah peserta
didik kelas III SDN 01 Pulongrambe tahun ajaran 2020/ 2021. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui tes dan dokumentasi.
Hasil analisis data normalitas tahap awal pretest diperoleh L0 =
0,129<Ltabel= 0,190 maka H0 diterima dan data berasal dari distribusi normal.
Begitu pula dengan hasil analisis data normalitas tahap akhir posttest diperoleh L0
= 0,140<Ltabel= 0,190. Serta diperoleh N-Gain sebesar 0,51yang berarti terdapat
peningkatan hasil belajar siswa yang sedang. Kesimpulannya bahwa dengan
menggunakan modelindex card match terdapat peningkatan hasil belajar IPA
materi perubahanwujudbendasiswakelas III SDN 01 Pulongrambe.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang dapat disampaikan
adalah sebaiknya model pembelajaran index card match digunakan oleh guru
sebagai model pembelajaran alternatif dalam proses belajar mengajar di kelas III
pada materi perubahanwujudbenda, sebab didalam aplikasi pada penelitian ini,
model pembelajaran index card match dapat memberikan kesempatan kepada
siswa untuk lebih aktif, berpikir secara individu dan berkelompok serta saling
membantu dalam memahami suatu permasalahan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:52 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:52 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6692 |