PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SCIENCE MOTIVATION SISWA

MULDER, WILEM RILEXEN S P (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SCIENCE MOTIVATION SISWA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of WILEM RILEXEN S P MULDER 21550021.pdf] Text
WILEM RILEXEN S P MULDER 21550021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Wilem Rilexen S P Mulder, 2023, “Pengembangan Media Pembelajaran IPA
Berbasis Web Dengan Pendekatan STEAM Untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kreatif dan Science Motivation Siswa”. Tesis.
Pembimbing (I) Dr. Nur Khoiri, S.Pd., M.T., M.Pd., Pembimbing (II) Dr.
Muhammad Syaipul Hayat, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) yang layak digunakan sebagai acuan mengajar bagi guru
untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan science motivation siswa
dengan mengetahui kualitas produk ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan,
keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan
menggunakan model pengembangan Thiangarajan, Objek dalam penelitian ini
adalah media pembelajaran IPA berbasis web dengan pendekatan STEAM dan
subjek penelitian merupakan siswa SMP Negeri 65 Maluku Tengah dan SMP
Negeri 17 Ambon. Berdasarkan hasil penelitian kualitas kevalidan berdasarkan
penilaian dari Judgment Expert atau validator ahli menunjukan untuk Media
mendapatkan rata-rata skor 95,83%, Materi 93,33%. Sedangkan, untuk penilaian
praktisi memiliki skor rata-rata media 96,73% dan materi 96,42% yang berarti
Sangat valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran. rata-rata kemampuan
berpikir kreatif peserta didik berdasarkan hasil N-Gain pada SMP Negeri 65
Maluku Tengah sebesar 0,61 dan SMP Negeri 17 Ambon sebesar 0,62 dengan
kategori efektifitas sedang. Pada presentase science motivation diperoleh nilai N-
Gain di SMP Negeri 65 Maluku Tengah sebesar 0,8 dengan kategori efektifitas
tinggi dan SMP Negeri 17 Ambon pada kelas yang menggunakan media yang
dikembangkan dengan nilai rata-rata N-Gain 0,67 dengan kategori efektifitas
sedang. Media yang dikembangkan memperoleh respons dari peserta didik dengan
kriteria Sangat Praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kreatif dan science motivation peserta didik.
Kata Kunci : Media Pembelajaran IPA, STEAM, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:02
Last Modified: 09 Jan 2024 07:02
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/669

Actions (login required)

View Item
View Item