ANGGRAENI, MARETHA DIAZ (2021) ANALISIS PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 PURWOHARJO SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MARETHA DIAZ ANGGRAENI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
ANGGRAENI, MARETHA DIAZ. 2021. “Analisis Proses Pembelajaran Daring
Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Purwoharjo Selama Masa Pandemi Covid-19”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing M. Yusuf Setia Wardana,
S. Pd., M. Pd. dan Husni Wakhyudin, S. Pd., M. Pd. 155 halaman.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah melihat dari dampak
adanya pandemi Covid-19 di bidang pendidikan yang membuat pemerintah
mengeluarkan kebijakan tentang pembelajaran daring. Dari kebijakan tersebut
mendorong peneliti untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran daring di
Sekolah Dasar. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk
menganalisis pelaksanaan pembelajaran daring siswa kelas IV SD Negeri 01
Purwoharjo selama masa pandemi Covid-19, 2) Untuk menganalisis evaluasi
selama pelaksanaan pembelajaran daring siswa kelas IV SD Negeri 01
Purwoharjo selama masa pandemi Covid-19, 3) Untuk menganalisis hambatan
atau kendala yang terjadi dalam pembelajaran daring selama masa pandemi
Covid-19.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk deskripsi.
Dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, guru kelas IV, siswa kelas IV, dan
orang tua siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi.
Hasil penelitian
ini
menggambarkan
bahwa proses pelaksanaan
pembelajaran daring di kelas IV SD Negeri 01 Purwoharjo sudah cukup baik.
Sekolah telah memfasilitasi segala keperluan untuk pembelajaran daring. Peserta
didik dan guru juga telah memiliki fasilitas-fasilitas yang diperlukan untuk
pembelajaran daring. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring guru sudah
melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah melakukan pembelajaran dengan
baik yaitu menggunakan metode, pendekatan, dan media pembelajaran. Dalam
proses pelaksanaan pembelajaran daring terdapat beberapa kendala dan kesulitan
baik yang dialami guru maupun peserta didik, diantaranya ketidakstabilan koneksi
internet, keterbatasan waktu dan tempat, serta peserta didik yang kurang mampu
memahami materi yang telah disampaikan yang menjadi tantangan tersendiri
dalam pembelajaran daring. Untuk evaluasi siswa diambil dari nilai tugas yang
diberikan. Dan sekolah juga melakukan evaluasi setiap minggu agar pembelajaran
daring lebih optimal.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar
proses pelaksanaan pembelajaran daring dapat lebih optimal serta kendala maupun
kesulitan yang muncul dalam pembelajaran daring dapat diatasi.
Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:50 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:50 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6689 |