KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN E-MAGAZINE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PADA SISWA SMP

NOVIASARI, TUTIK (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN E-MAGAZINE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PADA SISWA SMP. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of TUTIK NOVIASARI.pdf] Text
TUTIK NOVIASARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah terdapat perbedaan rata-
rata penggunaan model pembelajaran MMP dan RME berbantuan E-Magazine dengan
model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir logis siswa. (2)
Apakah terdapat perbedaan rata-rata penggunaan model pembelajaran MMP
berbantuan E-Magazine lebih baik daripada penggunaan model pembelajaran
konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir logis siswa. (3) Apakah terdapat
perbedaan rata-rata penggunaan model pembelajaran RME berbantuan E-Magazine
lebih baik daripada penggunaan model pembelajaran konvensional ditinjau dari
kemampuan berpikir logis siswa. (4) Apakah terdapat perbedaan rata-rata kemampuan
berpikir logis siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran MMP dengan
RME berbantuan E-Magazine. (5) Apakah kemampuan berpikir logis siswa pada
penggunaan model pembelajaran MMP berbantuan E-Magazine mencapai ketuntasan
secara individu dan klasikal yang telah ditetapkan. (6) Apakah kemampuan berpikir
logis siswa pada penggunaan model pembelajaran RME berbantuan E-Magazine
mencapai ketuntasan secara individu dan klasikal yang telah ditetapkan. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling terpilih kelas VIII A
sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas VIII C
sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi
dan tes. Hasil analisis diperoleh bahwa ketiga kelas berdistribusi normal, homogen
dan hipotesis 1 untuk anava diperoleh > yaitu 5,6616 > 3,146 artinya
ada perbedaan rata-rata antara ketiga model pembelajaran. Pada hipotesis 2, 3 dan 4
diperoleh > yaitu 0,029 < 3,146 maka kemampuan berpikir logis kelas
eksperimen 1 sama dengan kemampuan berpikir logis kelas eksperimen 2. Pada
hipotesis 5 dan 6 diperoleh > yaitu 13,719 > 1,73 maka siswa kelas
eksperimen 1 dan 2 tuntas secara individual, dikatakan tuntasan belajar klasikal
sebesar 100%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran yang
menggunakan model pembelajaran MMP dan RME berbantu E-Magazine lebih efektif
dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir logis pada
siswa SMP.
Kata Kunci: Missouri Mathematics Project (MMP); Realistic Mathematics
Education
(RME);
E-Magazine;
Kemampuan
berpikir
logis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:50
Last Modified: 24 Oct 2024 07:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6687

Actions (login required)

View Item
View Item