NOVIASARI, TUTIK (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN E-MAGAZINE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PADA SISWA SMP. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
TUTIK NOVIASARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah terdapat perbedaan rata-
rata penggunaan model pembelajaran MMP dan RME berbantuan E-Magazine dengan
model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir logis siswa. (2)
Apakah terdapat perbedaan rata-rata penggunaan model pembelajaran MMP
berbantuan E-Magazine lebih baik daripada penggunaan model pembelajaran
konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir logis siswa. (3) Apakah terdapat
perbedaan rata-rata penggunaan model pembelajaran RME berbantuan E-Magazine
lebih baik daripada penggunaan model pembelajaran konvensional ditinjau dari
kemampuan berpikir logis siswa. (4) Apakah terdapat perbedaan rata-rata kemampuan
berpikir logis siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran MMP dengan
RME berbantuan E-Magazine. (5) Apakah kemampuan berpikir logis siswa pada
penggunaan model pembelajaran MMP berbantuan E-Magazine mencapai ketuntasan
secara individu dan klasikal yang telah ditetapkan. (6) Apakah kemampuan berpikir
logis siswa pada penggunaan model pembelajaran RME berbantuan E-Magazine
mencapai ketuntasan secara individu dan klasikal yang telah ditetapkan. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling terpilih kelas VIII A
sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas VIII C
sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi
dan tes. Hasil analisis diperoleh bahwa ketiga kelas berdistribusi normal, homogen
dan hipotesis 1 untuk anava diperoleh > yaitu 5,6616 > 3,146 artinya
ada perbedaan rata-rata antara ketiga model pembelajaran. Pada hipotesis 2, 3 dan 4
diperoleh > yaitu 0,029 < 3,146 maka kemampuan berpikir logis kelas
eksperimen 1 sama dengan kemampuan berpikir logis kelas eksperimen 2. Pada
hipotesis 5 dan 6 diperoleh > yaitu 13,719 > 1,73 maka siswa kelas
eksperimen 1 dan 2 tuntas secara individual, dikatakan tuntasan belajar klasikal
sebesar 100%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran yang
menggunakan model pembelajaran MMP dan RME berbantu E-Magazine lebih efektif
dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir logis pada
siswa SMP.
Kata Kunci: Missouri Mathematics Project (MMP); Realistic Mathematics
Education
(RME);
E-Magazine;
Kemampuan
berpikir
logis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:50 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:50 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6687 |