LESTARI, KARTIKA CAHYA (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 GODONG PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI KARTIKA CAHYA LESTARI 17120214 (2).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (19MB)
Abstract
KARTIKA CAHYA LESTARI. NPM 17120214. “Keefektifan Model Problem
Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Negeri
1 Godong Pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang 2021. Dosen Pembimbing I Ferina Agustini, S.Pd., M.Pd. dan Dosen
Pembimbing II Mira Azizah, S.Pd., M.Pd. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan berpikir kritis siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku. Hal
tersebut disebabkan karena proses pembelajaran berpusat pada guru, siswa belum
aktif, guru kesulitan menentukan model pembelajaran yang cocok dan belum
pernah menggunakan model problem based learning sehingga proses
pembelajaran belum optimal dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa.
Permasalahan pada penelitian ini dalah apakah model Problem Based
Learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 1
Godong pada tema indahnya keragaman di negeriku? Tujuan yang hendah dicapai
pada penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Problem Based
Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 1 Godong
pada tema indahnya keragaman di negeriku.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-
Eksperimental Design dengan desain One Group Pretest Posttest Design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Godong tahun
pelajaran 2020/2021. Sampel yang diambil adalah 22 siswa dengan teknik
probability sampling dengan jenis simple random sampling. Data dalam penelitian
ini diperoleh melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan perhitungan maka diperoleh rata-rata pretest yaitu 42 dan rata-
rata posttest yaitu 82. Pada saat pretest hanya ada 3 siswa yang tuntas dan 19
siswa tidak tuntas dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 13,64%, setelah
melakukan posttest ada 20 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas dengan
ketuntasan belajar klasikal sebesar 90,91%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil
analisis uji t bahwa hasil > yaitu 14,856 > 2,080. Karena >
maka ditolak dan diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model
Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas
IV SD Negeri 1 Godong pada tema indahnya keragaman di negeriku.
Model Problem Based Learning ini dapat dijadikan sebagai salah satu
alternatif guru untuk mengajar pada tema indahnya keragaman di negeriku
maupun tema dan mata pelajaran lain sehingga siswa lebih aktif dan kemampuan
berpikir kritis siswa meningkat.
Kata kunci : Model problem based learning, kema
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:44 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:44 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6682 |