PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DI MASA PANDEMI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS TEUKU UMAR SEMARANG

ISTIQOMAH, - (2021) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DI MASA PANDEMI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS TEUKU UMAR SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI ISTIQOMAH (17210032).pdf] Text
SKRIPSI ISTIQOMAH (17210032).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar di Masa
Pandemi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas
XI di Sma Teuku Umar Semarang. Penelitian ini di latarbelakangi oleh observasi
awal di SMA Teuku Umar Semarang yang kini menjalani pembelajran secara
daring, dalam sebuah aktivitas yang dilakukan didalam kelas biasanya banyak
terjadi komunikasi dan aktivitas siswa yang intens antara siswa dan guru,
sementara pada masa daring guru hanya menjelaskan materi bahkan tak jarang
hanya mengirimkan materi, hal tersebut membuat siswa merasa terbatasi dalam
hal aktivitas belajar. Ini mengakibatkan siswa merasa kurang bersemangat dalam
belajar terlebih dimasa pandemi seperti ini, akibatnya hasil belajar siswa
mengalami perubahan. Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui bentuk
aktivitas belajar siswa selama masa pandemi di SMA Teuku Umar Semarang, 2.
Untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari aktivitas belajar siswa terhadap hasil
belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas XI di SMA Teuku Umar
Semarang.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 136 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 68 siswa. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket/kuesioner.
Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis regresi sederhana, uji
hipotesis menggunakan perbandingan nilai signifikansi. Penelitian di mulai
dengan menyebar angket kepada siswa sampel sebanyak 68 siswa di kelas XI
melalui google form. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh aktivitas
belajar siswa di rumah sebesar 18,2%. Artinya, hasil belajar akan meningkat
untuk setiap pertambahan aktivitas belajar siswa. Dengan ini berarti hipotesis
yang berbunyi : Ada pengaruh dari aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar
dimasa Pandemi pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
di SMA Teuku Umar Semarang dapat diterima.
Simpulan dari penelitian ini aktivitas belajar turut mempengaruhi hasil
belajar para siswa, ini dibuktikan dengan perolehan skor siswa yang sering
melakukan aktivitas belajar maka mendapat nilai yang baik pula, dan pengaruh
aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar PPKn pada SMA Teuku Umar
Semarang yaitu sebesar 18,2%. Artinya, hasil belajar akan meningkat untuk setiap
pertambahan aktivitas belajar siswa. saran dalam penelitian ini para siswa SMA
Teuku Umar diharapkan meningkatkan aktivitas mereka dalam belajar.
Kata kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:42
Last Modified: 24 Oct 2024 07:42
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6680

Actions (login required)

View Item
View Item