ANALISIS KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI SDN KARANGREJA 01 TANJUNG BREBES

WISMORAHARTO, TRIJAYANTO (2021) ANALISIS KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI SDN KARANGREJA 01 TANJUNG BREBES. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of trijayanto.pdf] Text
trijayanto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

TRIJAYANTO.W. NPM 17120369. “analisis keterampilan membaca siswa kelas
IV pada pembelajaran di masa pandemi SDN Karangreja 01 Tanjung Brebes”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Mudzanatun, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr. Iin Purnamasari,S.Pd., M.Pd. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil survei yang
menyatak bahwa kemampuan membaca siswa rendah. Hal tersebut disebabkan
siswa yang masih belum mampu dalam memahami isi bacaan dan terdapat faktor
yang mempengaruhinya.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana keterampilan membaca pemahaman
siswa kelas IV di masa pandemi SDN Karangreja 01 Tanjung Brebes.
Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan cara observasi, angket,
wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan guru kelas dan
perwakilan peserta didik, serta kepala sekolah SDN Krangreja 01 Tanjung Brebes.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan
bahwa penelitian ini adalah analisis keterampilan membaca siswa kelas IV pada
pebelajaran di masa Pandemi SDN Karangreja 01 Tanjung Brebes yakni
keterampilan membaca pemahaman siswa pada membaca masih rendah. Faktor-
faktor yang mempengaruhi keterampilan membaca siswa yakni pada faktor
intelektual siswa, dan faktor lingkungan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru
lebih memberikan perhatian pada keterampilan membaca siswanya. Sekolah lebih
memaksimalkan perpustakaan. Siswa untuk terus belajar membaca dan
memahami isi bacaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:44
Last Modified: 24 Oct 2024 07:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6679

Actions (login required)

View Item
View Item