AGUSTINA, INDRIYA MELLA (2021) ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM FILM JEMBATAN PENSIL KARYA HASTO BROTO. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI INDRIYA MELLA AGUSTINA (17120267).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
INDRIYA MELLA AGUSTINA. NPM 17120267. “Analisis Nilai-Nilai
Karakter Dalam Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. 2020. Pembimbing I Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum. dan
Pembimbing II Sunan Baedowi, S.H.I., M.S.I.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah mulai rendahnya
nilai karakter anak bangsa di era berkembangnya jaman yang semakin maju.
Dengan hal tersebut film Jembatan Pensil karya Hasto Broto dapat menjadi media
pembelajaran dalam membantu guru untuk menanamkan nilai karakter pada anak
usia sekolah dasar. Dengan media film anak dapat belajar melaui media konkrit
sehingga akan lebih mudah meningkatkan pemahaman mengenai pendidikan
karakter dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.
Data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Film Jembatan Pensil
yang mengandung banyak nilai karakter. Sampel diambil menggunakan purposive
sampling yaitu dari durasi film 1 jam 33 menit 51 detik, diambil tujuh puluh scene
film. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui
menyimak dan catat dalam menyimpulkan data. Penguji keabsahan data dipilih
Guru SD Negeri Sidomulyo 02 Pati dan Dosen Universitas PGRI Semarang. Data
dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis dan penelitian melalui pendeskripsian, sehingga
ditemukan nilai karakter pada Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto. Nilai
karakter ditunjukkan melalui kutipan dialog dalam setiap scene film.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya 70 nilai karakter yang
terdapat dalam film Jembatan Pensil karya Hasto Broto. Dari keseluruhan scene
film yang digunakan untuk sempel, muncul nilai karakter dengan presentase yaitu
religius 10%, jujur 5,71%, disiplin 4,28%, toleransi 7,14%, kerja keras 4,28%,
kreatif 8,57%, mandiri 2,85%, demokratis 4,28%, rasa ingin tahu 8,57%,
semangat kebangsaan 4,28%, cinta tanah air 0%, menghargai prestasi 4,28%,
bersahabat/komunikatif 8,57%, cinta damai 2,85%, gemar membaca 1,42%,
peduli lingkungan 4,28%, peduli sosial 14,28%, tanggung jawab 4,28%. Saran
dari peneliti yang dapat disampaikan untuk penonton agar lebih selektif dalam
memilih tontonan film yang dapat mendidik anak-anak dan mengandung nilai
karakter yang baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:37 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:37 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6675 |