Prasetyo, Tri Suko (2021) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS X. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Tri Suko Prasetyo.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Mobile
Learning berbasis PMRI yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian Research and Development. Model yang digunakan dalam
penelitian pengembangan ini yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA
Negeri 2 Wonosobo. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas,
uji homogenitas, uji t pihak kanan, uji kepraktisan produk, dan uji keefektifan
produk. Hasil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran Mobile Learning
berbasis PMRI yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas
X dinyatakan: (1) Valid digunakan menurut para ahli media dengan persentase
92,2% dan ahli materi sebesar 92,4% dengan kategori sangat baik, (2) Praktis
digunakan menurut respon siswa dengan persentase 81,76% dan respon guru
sebesar 88% yang berada dalam pada kategori sangat baik nilai kepraktisannya, (3)
Efektif digunakan dengan rata-rata kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran sebesar 3,65 (sangat baik), aktivitas siswa dalam pembelajaran
mencapai persentase 84,10% (Aktif), dan ketuntasan belajar klasikal berada pada
persentase 100% (tuntas).
Kata kunci
: Media Pembelajaran, PMRI, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:34 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:34 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6671 |