“KEEFEKTIFAN MODEL PJBL BERBANTU CANVA PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN MUNTUNG TAHUN 2021”

ADINA, MAKHLISOTUL (2021) “KEEFEKTIFAN MODEL PJBL BERBANTU CANVA PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN MUNTUNG TAHUN 2021”. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MAKHLISOTUL ADINA 17120079.pdf] Text
MAKHLISOTUL ADINA 17120079.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah model Project based
Learning berbantu media canva karena kurangnya fasilitas yang mendukung
pembelajaran
daring
seperti
kurangnya
pengetahuan
dan
keterampilan
menggunakan internet, tidak memiliki handphone android, paket internet, dan
koneksi jaringan yang buruk dan sistem pemberian tugas menuntut orang tua ikut
berperan dalam mengawasi dan membimbing anak dalam belajar. dari hasil
wawancara guru kelas masih kurangnya hasil belajar yang diperoleh siswa
Sehingga menjadi alternatif model yang digunakan pada pembelajaran saat daring.
Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah model PJBL berbantu
canva efektif terhadap hasil pembelajaran tema 7 subtema 1 di kelas 4 SDN
Muntung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model project
based learning berbantu media canva pada tema 7 subtema 1 terhadap hasil
belajar siswa kelas 4 SDN Muntung tahun 2021.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian menggunakan pre tes
dan pos tes pada kelas kontrol 4-A dan kelas experimen 4-B yang masing-masing
kelas berjumlah 20 siswa. Prosedur penelitian ini menggunakan prosedur dari
buku Sugiyono tahun 2016 yang terdapat 7 prosedur penelitian kuantitatif yang
digunakan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keefektifan model PJBL berbantu
media canva memperoleh skor 65% dari data siswa dan tes-t yang menunjukkan
angka 3,192 > 1,729 dilihat dari pengaruh pembuatan proyek dengan peningkatan
hasil belajar siswa yang diperoleh rata-rata nilai praktik pembuatan proyek
sebesar 83,03 dari 20 siswa pada kelas experiment sebagai kelas yang diberikan
tindakan. maka model project based learning berbantu media canva dinyatakan
efektif digunakan.
Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
model PJBL berbantu media canva dapat digunakan dalam proses pembelajaran
sebagai model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:33
Last Modified: 24 Oct 2024 07:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6669

Actions (login required)

View Item
View Item