Sari, Hesthy Ellyana (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “TAPEKEPUTER” PERAWATAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MIT APP INVENTOR UNTUK SISWA KELAS X SMK YATPI GODONG TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Skripsi Hesthy fix ngono yo (2).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitianini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang
menggunakan media pembelajaran konvensional seperti menggunaka mikrosoft
power point. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk membuat pengembangan
media pembelajaran berbasis android untuk mata pelajaran perawatan perangkata
keras komputer untuk siswa SMK kelas X menggunakan MIT App Inventor.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui bagaimana efektivitas media
pembelajaran berbasis aplikasi android menggunakan App Inventor pada mata
pelajaran perawatan perangkat keras komputer. Untuk pembelajaran yang
dianggap efektif dan efisiensi sesuai kompetensi yang akan di capai yaitu dengan
mengikuti perkembangan zaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode waterfall dengan tahapan Requirement Analysis, System Design,
Implementation, System Testing dan Maintenance. Desain media pembelajaran ini
meliputi Flowchart, Navigasi, dan Storyboard. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa validasi ahli dengan rata-rata presentase oleh ahli media 90%, sedangkan
ahli materi sebesar 87% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
berbasis androidsangat baik, maka dengan demikian dapat simpulkan bahwa
aplikasi ini valid dan layak untuk digunakan. Untuk Presentase responden yaitu
sebesar 84.5% sehingga dapat di simpulkan bahwa media pembelajaran sangat
baik dan efektif digunakan oleh siswa siswi SMK kelas X.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Aplikasi, TAPEKEPUTER
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:32 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:32 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6668 |