Prasetyo, Mahendra Budi (2021) ANALISIS PENGARUH, PROMOSI, PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR DI PT TARUNA MOTOR PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Mahendra Budi Prasetyo.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah PT Taruna Motor Pati bersaing dengan
produk pesaing yang di tawarkan oleh dealer sepeda motor lain di kota Pati, maka
perusahan menggunakan strategi promosi, strategi produk dan strategi harga yang
bertujuan keputusan pembelian konsumen meningkat. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor
di PT Taruna Motor Pati, untuk mengetahui pengaruh produk terhadap keputusan
pembelian sepeda motor di PT Taruna Motor Pati, untuk mengetahui pengaruh
harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor di PT Taruna Motor Pati.
Populasi pada penelitian ini adalah konsumen di PT Taruna Motor Pati yang tidak
diketahui jumlahnya secara pasti. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara
accidental sampling, yaitu metode pengambilan sampel yang dilakukan dengan
menggunakan siapa saja yang ditemui secara kebetulan sebagai sampel. Sampel
berjumlah 100 responden. Variabel dalam penelitian ini adalah promosi (X1),
produk (X2), dan harga (X3), dam keputusan pembelian (Y). Metode
pengumpulan data adalah kuesioner. Metode analisis yaitu uji asumsi klasik yang
terdiri
dari uji normalitas,
uji multikolinieritas,
uji autokorelasi,
uji
heteroskedastisitas. Analisis uji regresi berganda, uji t, uji F, uji koefisien
determinasi (R2).
Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengaruh promosi terhadap keputusan
pembelian sepeda motor PT Taruna Motor Pati. Hasil pengujian hipotesis
pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian. menunjukkan nilai t hitung
sebesar 3,179 dengan taraf signifikansi 0,001. Taraf signifikansi tersebut lebih
kecil dari 0,05, sedangkan t tabel n = 100 sebesar 1,984, dikarenakan t hitung
3,179 > t tabel 1,984, yang berarti bahwa hipotesis 1 dalam penelitian ini
diterima, signifikan yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan promosi
terhadap keputusan pembelian. 2) Pengaruh produk terhadap keputusan pembelian
PT Taruna Motor Pati. Hasil pengujian hipotesis pengaruh produk terhadap
keputusan pembelian, menunjukkan nilai t hitung sebesar 3,861 dengan taraf
signifikansi 0,000. Taraf signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05, sedangkan
t tabel n = 100 sebesar 1,984, dikarenakan t hitung 3,861 > t tabel 1,984, yang berarti
bahwa hipotesis 2 dalam penelitian ini diterima signifikan, yaitu ada pengaruh
yang positif dan signifikan produk terhadap keputusan pembelian. 3) Pengaruh
harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor PT Taruna Motor Pati. Hasil
pengujian hipotesis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, menunjukkan
nilai t hitung sebesar 3,913 dengan taraf signifikansi 0,000. Taraf signifikansi
tersebut lebih kecil dari 0,05, sedangkan t tabel n = 100 sebesar 1,984,
dikarenakan t hitung 3,913 > t tabel 1,984, yang berarti bahwa hipotesis 3 dalam
penelitian ini diterima signifikan yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan
harga terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Promosi, Produk, Harga, Keputusan Pembelian.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:31 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:31 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6667 |