ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMP

Septianto, Hepta (2021) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Skripsi Hepta Print (-ttd scan) pdfff.pdf] Text
Skripsi Hepta Print (-ttd scan) pdfff.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa SMP
pada materi phytagoras ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu enam siswa SMP Negeri 2
Juwana kelas XI yang terdiri dari dua siswa dengan gaya belajar visual, dua siswa dengan
gaya belajar auditorial, dua siswa dengan gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah pemberian angket, tes tertulis dan wawancara. Teknik
analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik mampu
memunculkan tiga indikator pemahaman konsep, yaitu menyatakan ulang sebuah
konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis (tabel,
grafik, diagram, gambar, sketsa, model matematika atau cara lainnya), dan
mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Siswa yang memiliki gaya
belajar auditorial hanya mampu memunculkan dua indikator pemahaman konsep, yaitu
menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis (tabel, grafik, diagram,
gambar, sketsa, model matematika atau cara lainnya), dan mengaplikasikan konsep atau
algoritma pemecahan masalah. Sedangkan siswa yang memiliki gaya belajar visual
hanya mampu memunculkan satu indikator pemahaman konsep, yaitu menyajikan
konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis (tabel, grafik, diagram, gambar,
sketsa, model matematika atau cara lainnya).
Kata kunci : Pemahaman konsep; gaya belajar; phytagoras

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:29
Last Modified: 24 Oct 2024 07:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6665

Actions (login required)

View Item
View Item