KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU PADA SISWA KELAS IV SDN TENGKI 01 BREBES TAHUN AJARAN 2020 / 2021

LAELA, TRI NUR (2021) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU PADA SISWA KELAS IV SDN TENGKI 01 BREBES TAHUN AJARAN 2020 / 2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Tri Nur Laela 17120015.pdf] Text
Tri Nur Laela 17120015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

TRI NUR LAELA. NPM 17120015. “Keefektifan Pendekatan Pembelajaran
Outdooor Learning Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman di
Negeriku Pada Siswa kelas IV SDN Tengki 01 Brebes Tahun Ajaran 2020 /2021”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyaknya cakupan
materi yang bersifat hafalan, pemahaman siswa terjadi hanya pada saat
pembelajaran berlangsung sehingga siswa mudah lupa dengan apa yang telah
diajarkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana keefektifan
pendekatan pembelajaran Outdoor Learning terhadap hasil belajar tema indahnya
keberagaman negeriku pada siswa kelas IV SDN Tengki 01 Brebes tujuan dalam
penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana keefektifan pendekatan
pembelajaran Outdoor Learning terhadap hasil belajar tema indahnya
keberagaman negeriku pada siswa kelas IV SDN Tengki 01 Brebes.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk One Group
Preetest – Posttest populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV sejumlah 16
siswa SDN Tengki 01 Brebes Tahun Ajaran 2020 / 2021. Sampel yang di ambil
adalah siswa kelas IV sejumlah 16 siswa SDN Tengki 01 Brebes. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui test, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian hari
pertama siswa diberikan pretest dan penelitian di tutup dengan melakukan
posttest.
Hasil pretest menunjukan ketuntasan belajar klasikal pretest (37,5%) dan
posttest (87,5%) dari keseluruhan, serta berdasarkan analisis uji t didapat thitung
(7,724) > ttable (1,697) jadi dapat di simpulkan bahwa siswa yang di beri perlakuan
pendekatan pembelajaran Outdoor Learning mengalami peningkatan hasil belajar
tematik sebesar 50%.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang di sampaikan adalah
sebaiknya pendekatan Outdoor Learning dapat di gunakan oleh guru kelas sebagai
metode pembelajaran alternative dalam proses belajar mengajar di kelas IV.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:28
Last Modified: 24 Oct 2024 07:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6664

Actions (login required)

View Item
View Item