APLIKASI PENGENALAN AKSARA JAWA “HANACARAKA” PADA SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR BERBASIS AUGMENTED REALITY

Susilo, Hendri (2021) APLIKASI PENGENALAN AKSARA JAWA “HANACARAKA” PADA SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR BERBASIS AUGMENTED REALITY. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Skripsi Hendri Susilo NPM 15340024.pdf] Text
Skripsi Hendri Susilo NPM 15340024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena menurunnya tingkat pemahaman
dan kecintaan masyarakat khususnya anak-anak sekolah tehadap salah satu
peninggalan budaya yaitu Aksara Jawa, juga media pembelajaran yang masih
konvensional yang membuat minat belajar siswa untuk mempelajari Aksara Jawa
menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar siswa
Sekolah Dasar terhadap salah satu peninggalan budaya yaitu Aksara Jawa. Media
pembelajaran yang dikembangkan penilis berupa aplikasi android yang
menggunakan teknologi augmented reality. Augemnted reality merupakan
teknologi yang menggabungkan benda maya 2D dan 3D kedalam lingkungan
nyata 3 dimensi. Dengan menggunakan teknologi augmented reality diharapkan
dapat meningkatkan minat belajar siswa untuk mempelajari Aksara Jawa. Metode
pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian dan Pengembangan
(Research and Development) sedangkan model pengembangan menggunakan
Waterfall Model . Target dalam penelitian ini adalah para siswa kelas 3 Sekolah
Dasar di SD N 1 Lambur kecamatan Mrebet kabupaten Purbalingga. Pengolahan
data diambil dari validasi ahli media, ahli materi, dan angket respon pengguna
dengan menggunakan skala likert pada penliaiannya. Hasil validasi ahli media
sebesar 81% persentase berikut masuk dalam kriteria “Sangat Layak” untuk
digunakan, sedangkan dari validasi ahli materi sebesar 90% persentase berikut
masuk dalam kriteria “Sangat Layak” untuk digunakan. Kemudian pengujian
tehadap pengguna dilakukan kepada 15 responden, sehingga didapat hasil
persentase sebesar 83.06% persentase berikut masuk dalam kriteria “Sangat
Layak” untuk digunakan.
Kata Kunci: Android, Aksara Jawa, Augmented Reality, Research and
Development.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:27
Last Modified: 24 Oct 2024 07:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6662

Actions (login required)

View Item
View Item