PUTRI, GILANG CINDY CINTIA (2021) ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU TEMATIK TERBITAN KEMENDIKBUD RI 2018 REVISI 2017 KELAS V TEMA 7 SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Skripsi GILANG CINDY CINTIA PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
GILANG CINDY CINTIA PUTRI. NPM 17120407. “Analisis Pendidikan
Karakter Terbitan Kemendikbud RI 2018 Revisi 2017 Kelas V Tema 7 Sekolah
Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 202I.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya perilaku mencotek hasil
pekerjaan temannya yang terjadi pada instansi pendidikan dasar. Dimana
seharusnya sebuah instansi pendidikan dasar memberikan pengarahan dan contoh
beretika yang baik bagi guru dan siswa melalui pembiasaan nilai-nilai karakter
pada kegiatan di buku ajar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana nilai pendidikan
karakter pada buku tematik terbitan kemendikbud RI 2018 revisi 2017 kelas V
tema 7 di Sekolah Dasar? (Buku Siswa Kelas V Tema 7). Penelitian ini bertujuan
untuk Menganalisis nilai pendidikan karakter pada Buku Tematik Terbitan
Kemendikbud RI 2018 Revisi 2017 kelas V Tema 7 Peristiwa dalam kehidupan
pada sekolah dasar
Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini diperoleh dengan mengamati dan melakukan wawancara kepada
guru dan kepala sekolah. Data dalam penelitian ini adalah indikator nilai karaker
menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi,
dokumentasi. Data dianalisis dengan mendeskripsikan dan menelaah seluruh nilai-
nilai karaker pada buku ajar tematik yang penulis peroleh dari data wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya menyimpulkan hasil analisis nilai-nilai
karakter pada Buku siswa Terbitan Kemendikbud RI 2018 Revisi 2017 Kelas V.
Hasil data yang diperoleh dari analisis pada buku ajar tematik mempunyai
dari 18 nilai karakter yang ada 13 nilai karakter sudah diterapkan diantaranya 1.
Toleransi, 2. Kerja Keras, 3. Kreatif, 4. Mandiri, 5. Demokrasi, 6. Rasa Ingin
Tahu, 7. Semangat Kebangsaan, 8. Cinta Tanah Air, 9. Menghargai Prestasi, 10.
Bersahabat/Komunikatif, 11. Gemar Membaca, 12. Peduli Lingkungan, 13. Jujur.
Karena pada indikator keberhasilan integrasi pendidikan karakter ini memenuhi
kriteria yang ada serta nilai-nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran sudah
memenuhi kriteria. Hasil penelitian ini diperoleh dari teks bacaan pada setiap mata
pelajaran yang terdapat pada buku siswa kelas V SD tema 7 peristiwa dalam
kehidupan, khususnya pada kegiatan-kegiatan yang terdapat pada kegiatan “Ayo
Membaca”, “Ayo Mengamati”, “Ayo Berdiskusi”, “Ayo Bernyanyi”, “Ayo
Berlatih”, “Ayo Mencoba”, “Ayo Berkreasi”, “Ayo Menulis”, dan “Ayo
Renungkan”.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang didapat adalah guru hendaknya
perlu melakukan upaya-upaya tindak lanjut terutama dalam nilai pendidikan
karakter yang belum dicantumkan dalam buku yang menjadi tuntutan kompetensi
dasar. Misalnya guru mencari referensi lebih banyak guna menyampaikan
kegiatan-kegiatan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:24 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:24 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6659 |