PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 11 SEMARANG

BIRRI, MAFTUH BASTUL (2021) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 11 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Maftuh Bastul Birri 15120260.pdf] Text
Maftuh Bastul Birri 15120260.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

MAFTUH BASTUL BIRRI, NPM 15120260 “Pengaruh Game Online Terhadap
Minat Belajar Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 11 Semarang”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. 2020. Dosen Pembimbing I Muhajir, S.Pd., M.Hum.
dan Dosen Pembimbing II Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah ditemukan beberapa
siswa yang suka bercerita tentang pengalaman bermain game online bersama
teman-teman dengan berbagai ekspresi yang dilakukan mulai dari tingkah laku
sampai obrolan yang dilakukan siswa saat bermain dengan lawan di game online.
Bahkan juga ditemukan siswa asyik bercerita tentang game online ketika
pembelajaran
berlangsung
sehingga
siswa
tidak
berkonsentrasi
dalam
pembelajaran.
Penelitian ini membahas bagaimana pengaruh game online terhadap minat
belajar siswa di SD Muhammadiyah 11 Semarang sesuai dengan observasi
pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini bertujun untuk
mengetahui pengaruh game online terhadap minat belajar siswa SD
Muhammadiyah 11 Semarang.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi
kasus dan dengan menggunakan metode observasi, angket, dan wawancara.
Sampel yang diambil adalah sepuluh orang siswa kelas V SD Muhammadiyah 11
Semarang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat menunjukkan bahwa bermain game
online yang dilakukan siswa kelas V SD Muhammadiyah 11 Semarang
berpengaruh terhadap kurangnya minat belajar.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian yang sudah dilakukan yaitu
bermain game online telah menjadi aktivitas sehari-hari kesepuluh siswa SD
Muhammadiyah 11 Semarang yang berakibat terhadap minat. Saran yang dapat
peneliti sampaikan adalah (1) bagi guru kelas, diharapkan mampu membantu
membangkitkan minat belajar siswa di sekolah agar siswa selalu merasa tertarik
untuk mengikuti pelajaran sehingga akan memberikan hasil belajar yang
maksimal; (2) penyedia layanan internet, hendaknya lebih mempedulikan para
pemain game online yang masih anak-anak dengan memberikan batasan waktu
pada saat bermain, sehingga ada keteraturan anak dalam bermain game online; (3)
siswa dengan bantuan orang dewasa, hendaknya dapat mengatur waktu sebaik
mungkin, dapat membagi waktu mana yang tepat untuk bermain game online.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:25
Last Modified: 24 Oct 2024 07:25
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6658

Actions (login required)

View Item
View Item