PRASETYO, M. SYURYA AFHI (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS IV SDN 02 PURBOSARI KABUPATEN TEMANGGUNG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
M. Syurya Afhi Prasetyo_14120320_PGSD_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
M. SYURYA AFHI PRASETYO. NPM 14120320. “Analisis Kesulitan Belajar
Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SDN 02 Purbosari Kabupaten
Temanggung”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2021. Pembimbing I Sukamto, S.
Pd., M. Pd. dan Pembimbing II Drs. Kiswoyo, M.M.
Pendidikan dalam Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 pasal 1 tentang
Sistem Pendidikan Nasional adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk
mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif
dapat mengembangkan dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang
diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Seiring berkembangnya
teknologi dan adanya virus covid-19 di Indonesia, diberlakukan Pembelajaran
Jarak Jauh (PJJ) yang dibagi menjadi dua pendekatan yaitu pembelajaran jarak
jauh dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Fokus penelitian ini adalah
hambatan atau kesulitan-kesulitan belajar siswa pada pembelajaran daring yang
meliputi: bagaimana kesulitan belajar pembelajaran daring kelas IV SDN 02
Purbosari Kabupaten Temanggung?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber informasi kepala
sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan data dengan cara perpanjangan
pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, diskusi dengan
teman sejawat, analisis kasus negatif, dan membercheck.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Analisis Kesulitan Belajar
Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SDN 02 Purbosari Kabupaten Temanggung
antara lain: (1) kurangnya koordinasi anatara guru dan orang tua dalam
membimbing anak menggunakan metode pemebelajaran secara daring, (2) materi
yang didampaikan guru kurang lengkap dan kurang bisa dipahami oleh siswa
karena keterbatasan media yang disediain oleh pihak sekolah, minimnya materi
dan tingginya kejenuhan siswa terhadap sistim pembelajaran secara daring yang
dilakukan oleh pigak sekolah, (3) faktor eksternal merupakan faktor yang tidak
berasalan dari dalam sistim itu sendiri yaitu belum semua siswa dan orang tua
mempunyai HP sebagai media utama dalam pembelajaran secara daring, kuota
internet yang tidak memadai serta signal yang tidak stabil dilingkungan tempat
tinggal siswa menjadi penghalang berlangsungnya metode belajar secara daring.
Berdasarkan hasil temuan di atas, Pihak sekolah diharapkan melakukan
metode pembelajaran dengan sistim langsung tetapi dibagi dalam bentuk shift
agar tetap mematuhi protocol Kesehatan yang berlaku. Didalam metode langsung
sekolah diharapkan menyampaikan materi secara jelas dan padat dan untuk
pemebelajran secara daring hanya diberikan tugas tugas sehingga hal ini dapat
mengurangi kesulitan yang dirasakan oleh para siswa dan orang tua serta para
guru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 07:22 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 07:22 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6656 |