ANALISIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD N MUNTUNG KABUPATEN TEMANGGUNG

17120178, RAMADANI (2021) ANALISIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD N MUNTUNG KABUPATEN TEMANGGUNG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of _SASA ROFI RAMADANI.pdf] Text
_SASA ROFI RAMADANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

SASA ROFI RAMADANI. NPM 17120178. “Analisis Penguatan Pendidikan
Karakter (PPK) Selama Masa Pandemi Covid-19 di SD N Muntung Kabupaten
Temanggung”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Prasena Arisyanto, S. Pd., M. Pd. Pembimbing II Diana Endah H,
S. Pd., M. Pd. Juli 2021
Latar belakang penelitian ini yaitu menganalisis pendidikan formal
terutama pendidikan karakter bangsa, pendidikan dominan tidak dilakukan dengan
tatap muka sehingga menjadi tantangan guru untuk menerapkan pendidikan
karakter selama pembelajaran daring. Permasalahan yang diambil dalam
penelitian ini adalah adanya pengabaian dari guru mengenai pendidikan karakter
selama masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui
kebijakan sekolah mengenai pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19
dan mengetahui pelaksanaan penguatan pendidikan karakter selama masa
pandemi covid-19 di SD N Muntung
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Muntung Candiroto Kabupaten
Temanggung pada tahun ajaran 2020/ 2021. Subjek penelitian ini terdiri dari kelas
IV,V,dan VI sebagai subjek uji coba.
Berdasarkan temuan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kebijakan
sekolah terkait pembelajaran selama masa pandemi covid 19 meliputi
mencetuskan kebijakan baru mengenai pembelajaran selama pandemi serta upaya
dan kendala sekolah melakukan pembelajaran selama pandemi. Pembelajaran
selama pandemi dilakukan secara online serta tatap muka. Pembelajaran online
melalui aplikasi whatsapp dan zoom. Sedangkan pembelajaran tatap muka
dilakukan secara home visited. Kendala pelaksanaan pembelajaran selama
pandemi yaitu materi yang diajarkan tidak maksimal, sinyal tidak lancar serta
rata-rata siswa tidak memiliki handpone sendiri. Sedangkan solusi yang dilakukan
untuk mengatasi kendala tersebut yaitu bantuan buku, bantuan kuota internet yang
diberikan oleh sekolah serta diadakannya home visite.Pelaksanaan penguatan
pendidikan karakter di SD N Muntung selama pandemi covid 19 meliputi
sosialisasi ke stakeholders, pengembangan dalam kegiatan sekolah, keterlibatan
warga sekolah dalam pembentukan karakter di masa pandemi covid 19, kegiatan
dan sarana yang mendukung pembentukan karakter pada masa pandemi covid 19
serta kendala dan pengaruh dalam melaksanakan penguatan pendidikan karakter
selama masa pandemi. Dalam penguatkan pendidikan karakter siswa pada masa
pandemi covid 19, guru selalu memberikan tugas secara tersistem dan meminta
siswa untuk mengumpulkan secara tepat waktu untuk menumbuhkan karakter
siswa menjadi lebih disiplin, tanggung jawab serta jujur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:15
Last Modified: 24 Oct 2024 07:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6650

Actions (login required)

View Item
View Item