PEMBELAJARAN INTERAKSI MAKHLUK HIDUP BERBASIS PJBL BERBANTUAN MEDIA POP UP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR SISWA SMP N 29 SEMARANG

Hidayat, M. Fikri (2021) PEMBELAJARAN INTERAKSI MAKHLUK HIDUP BERBASIS PJBL BERBANTUAN MEDIA POP UP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR SISWA SMP N 29 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of M. Fikri Hidayat.pdf] Text
M. Fikri Hidayat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran interaksi
makhluk hidup berbasis Project Based Learning (PJBL) berbantu media pop-up
untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa di SMP N 29
Semarang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 2, Januari 2020.Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VII B (eksperimen) dan siswa kelas VII C
(kontrol) dengan jumlah 32 siswa pada tiap kelas. Desain yang digunakan dalam
penelitian ini adalah quasi eksperimen desaign dengan bentuk non-equivalent
group pretest-posttest. Penelitian ini menggunakan perlakuan yang berbeda yaitu
pada kelas eksperimen menggunakan model Project Based Learning (PJBL)
berbantu media pop-up dan kelas kontrol tanpa menggunakan model Project
Based Learning (PJBL) berbantu media pop-up. Instrumen pengambilan data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui tes untuk mengetahui hasil
belajar kognitif siswa dengan memberikan soal pretest dan posttest, kemudian non
tes yaitu berupa pemberian angket untuk mengetahui minat belajar siswa.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil belajar kognitif pretest kelas eksperimen
dengan rata-rata 8,062 dengan kriteria cukup sedangkan pretest untuk kelas
kontrol memperoleh rata-rata 7,906 dengan kriteria kurang. Setelah diberikan
perlakuan dengan model Project Based Learning (PJBL) berbantu media pop-up
hasil belajar kognitif posttest kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar
12,281 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan pada kelas kontrol yang tanpa
menggunakan model Project Based Learning (PJBL) berbantu media pop-up
memperoleh rata-rata sebesar 10,031 dengan kriteria sangat baik. Selain hasil
belajar kognitif siswa, penelitian ini juga memperoleh hasil berdasarkan angket
yang telah diberikan yatu data minat belajar. Berdasarkan analisis data minat
belajar siswa untuk kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 101,88 dengan
kriteria baik sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 96,0 dengan
kriteria baik. Dari data tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata
hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan dan
sesudah diberikan perlakuan menggunakan model Project Based Learning (PJBL)
berbantu media pop-up. Selain itu terdapat perbedaan rata-rata minat belajar siswa
pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji paired pretest-posttest kelas
eksperimen menunjukkan nilai t hitung sebesar 11,618 dan t tabel 1,701. Karena t
hitung ˃ t tabel maka Ho ditolak dan H1 diterima atau dapat dikatakan bahwa
vii
terdapat perbedaan yang positif antara pretest-posttest kelas eksperimen.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran Project Based Learning
berbantu media pop-up pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan
berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa di SMP N 29
Semarang.
Kata kunci : PJBL, hasil belajar kognitif, minat belajar, interaksi
makhluknhidup dengan lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:16
Last Modified: 24 Oct 2024 07:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6649

Actions (login required)

View Item
View Item