Mahanani, Titis (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MUTU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BLORA KABUPATEN BLORA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Titis Mahanani 21510124.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Mahanani, Titis. 2023. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan
Profesionalisme Guru terhadap Mutu Sekolah Dasar di Kecamatan Blora
Kabupaten Blora. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program
Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Ghufron Abdullah,
M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Soedjono, M.Si.
Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) Mengetahui apakah ada pengaruh
kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu sekolah dasar di Kecamatan Blora
Kabupaten Blora, (2) Mengetahui apakah ada pengaruh profesionalisme guru
terhadap mutu sekolah dasar di Kecamatan Blora Kabupaten Blora (3) Mengetahui
apakah ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru
terhadap mutu sekolah dasar di Kecamatan Blora Kabupaten Blora.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian
yang digunakan adalah jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini 386
kepala sekolah dan guru dan sampel penelitian 196 kepala sekolah dan guru.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data penelitian
ini meliputi analisis uji normalitas, uji uji linieritas, uji multikolinearitas dan uji
homogenitas.Uji hipotesis pada penelitian ini meliputi uji korelasi, uji F (anova), uji
R 2 (summary), dan uji t (koefisien regresi), serta sumbangan efektif dan
sumbangan relatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Korelasi antara kepemimpinan
kepala sekolah terhadap mutu sekolah dasar sebesar 0,767 termasuk dalam kategori
kuat, dengan pengaruh sebesar 58,8% (2) Korelasi antara profesionalisme guru
terhadap mutu sekolah dasar sebesar 0,819 termasuk dalam kategori kuat, dengan
pengaruh sebesar 67,1%. (3) Korelasi antara kepemimpinan kepala sekolah dan
profesionalisme guru terhadap mutu sekolah dasar sebasar 0.856 dan termasuk
kategori kuat, dengan pengaruh sebesar 73 %. Kontribusi prosentase sumbangan
efektif (1) Kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu sekolah dasar sebesar
27,8%, (2) Profesionalisme guru terhadap mutu sekolah dasar 45,5%. (3)
Kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru terhadap mutu sekolah
dasar sebesar 73%. Kontribusi sumbangan relatif (1) Kepemimpinan kepala sekolah
terhadap mutu sekolah dasar sebesar 37,9%, (2) Profesionalisme guru terhadap
mutu sekolah dasar 62,1%. (3) Kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme
guru terhadap mutu sekolah dasar sebesar 100% atau 1.
.
Kata kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Mutu Sekolah
Dasar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 06:55 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 06:55 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/664 |