PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 TAHUNAN KABUPATEN JEPARA

Larasati, Titik Ayu (2021) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 TAHUNAN KABUPATEN JEPARA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Titik Ayu Larasati.pdf] Text
Titik Ayu Larasati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Titik Ayu Larasati “Pengaruh Disiplin Belajar, Motivasi Belajar dan Fasilitas
Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri
1 Tahunan Kabupaten Jepara”, Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI
Semarang, 2021.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai peserta didik kelas X IPS mata
pelajaran ekonomi yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu disiplin belajar,
motivasi belajar, dan fasilitas belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana pengaruh disiplin belajar, motivasi belajar, dan fasilitas
belajar secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar kelas X IPS SMA
Negeri 1 Tahunan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan asosiatif
kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
dokumentasi dan angket atau kuesioner. Populasi dan sampel pada penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X IPS yaitu 108 peserta didik, kemudian diolah dengan
menggunakan SPSS. Uji validitas ini dilakukan dengan menggunakan corrected
item-total correlation uji satu sisi dengan taraf signifikansi (Sig.) 5%, sedangkan
uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha > 0,70.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan
disiplin belajar terhadap hasil belajar kelas X IPS SMA Negeri 1 Tahunan, (2)
terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar
kelas X IPS SMA Negeri 1 Tahunan, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan
fasilitas belajar terhadap hasil belajar kelas X IPS SMA Negeri 1 Tahunan, (4)
terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar, motivasi belajar, dan
fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar kelas X IPS SMA
Negeri 1 Tahunan.
Kata Kunci: Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, dan Hasil
Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 06:50
Last Modified: 24 Oct 2024 06:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6636

Actions (login required)

View Item
View Item