INDASAH, LUTFIYATUL (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART E-LEARNING BERBASIS SAC(SMART APPS CREATOR) PADA TEMA 6 SUB TEMA 2 UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
LUTFIYATUL INDASAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
LUTFIYATUL
INDASAH.
NPM
17120133.
“Pengembangan
Media
Pembelajaran Smart E-learning berbasis SAC(Smart Apps Creator) ”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Fine Reffiane, S.Pd., M.Pd. dan pembimbing II Wawan Priyanto,
S.Pd., M.Pd. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya media
pembelajaran daring di tengah pandemi. Hal tersebut juga dikarenakan guru kurang
kreatif dalam menciptakan dan menggunakan media pembelajaran daring dalam
proses belajar mengajar jarak jauh sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti
pembelajaran daring.
Berdasarkan permasalahan yang ada, peneliti memiliki motivasi untuk
mengembangkan media pembelajaran daring, yaitu Media pembelajaran Smart E-
Learning dengan rumusan masalah :1) Bagaimanakah karakteristik media
pembelajaran Smart E-learning berbasis SAC(Smart Apps Creator) pada Tema 6
Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku kelas IV dalam pembelajaran daring. 2)
Bagaimanakah kevalidan dan kepraktisan Media pembelajaran Smart E-learning
berbasis SAC(Smart Apps Creator) pada Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku
Kelas IV Sekolah dasar.
Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang
digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk
yang dikembangkan. Pengembangan media pembelajaran Smart E-learning sampai
pada tahap uji kepraktisan media. Penelitian dan pengembangan media ini
dilaksanakan di SDN Palebon 3 Semarang dan SDN Batursari 6 Mranggen.
Hasil analisis ketersediaan media pembelajaran di sekolah dasar yang
diperoleh dari lembar observasi, wawancara dan lembar angket. Ditemukan bahwa
guru kurang kreatif dalam menciptakan dan menggunakan media pembelajaran
daring, kurang tersedia media pembelajaran daring yang dapat memberikan
pemahaman kepada peserta didik dan peran media sangat penting untuk
membantu guru dalam menyampaikan materi. Hasil analisis angket kedua ahli
materi menunjukan rata-rata presentase 91,25% dengan kategori “sangat baik”.
Sedangkan hasil dari kedua ahli media menunjukkan rata-rata presentase 85 %
dengan kategori “sangat baik”. Hasil angket penilaian kedua guru kelas IV
mendapatkan rata-rata presentase 86,25% dan angket tanggapan siswa yang
berjumlah 50 siswa menunjukan presentase 98,8% dengan kategori “sangat baik”.
Hal ini dapat disimpulkan media yang dikembangkan termasuk dalam kategori
“sangat baik” dan “sangat layak” untuk digunakan dalam pembelajaran daring
kelas IV tema 6 Cita-citaku subtema 2 Hebatnya Cita-citaku.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah media
pembelajaran Smart E-Learning berbasis SAC(Smart Apps Creator) pada tema 6
subtema 2 siswa kelas IV dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah
dan perlu adanya pengembangan lebih lanjut. Hal ini bertujuan untuk
menghasilkan media yang lebih berkualitas dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 06:40 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 06:40 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6628 |