KHASANAH, TIKHKAMATUL (2021) KEEFEKTIFAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTU KINEMASTER PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN SUBTEMA 1 TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD N 02 BANJARSARI TAHUN 2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
TIKHKAMATUL KHASANAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
TIKHKAMATUL KHASANAH. NPM 17120393 ”Keefektifan Video
Pembelajaran Berbantu Kinemaster Pada Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan
Subtema 1 Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD N 02 Banjarsari
Tahun 2021”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas
PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya penggunaan IT dalam
proses pembelajaran selama masa pandemic COVID-19yang berdampak pada
rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD N 02 Banjarsari, merasa bosan
dan kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keefektifan
video pembelajaran berbantu kinemaster pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan
subtema 1 terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD N 02
Banjarsari?.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif atau
tidaknya dari video pembelajaran berbantu kinemaster pada tema 7 peristiwa
dalam kehidupan subtema 1 terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD N
02 Banjarsari.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode
eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-Test Post-Test
Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD N
02 Banjarsari. Sampel yang diambil 14 peserta didik, dengan jumlah peserta
didik perempuan 4 dan peserta didik laki-laki 10 menggunakan teknik non
probability sampling jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Dari nilai pretest menunjukkan bahwa nilai rata-rata adalah 52,85
sedangkan nilai posttest menunjukkan bahwa nila rata-rata 87,14 serta
berdasarkan analisis uji t diperoleh thitung sebesar 19,4210 dengan t tabel sebesar
2,052 dapat disimpulkant hitung > t tabel, artinya Ho ditolak maka rata-rata
hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan tidak
sama.Analisis ketuntasan belajar sebelum diberi perlakuan yaitu 14%,
sedangkan sesudah diberi perlakuan yaitu 93%.Dengan demikian dapat
dsimpulkan bahwa video pembelajaran berbantu kinemaster secara menyeluruh
efektif terhadap hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: keefektifan, video pembelajaran, hasil belajar, daring
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 06:34 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 06:34 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6622 |