UNSUR INTRINSIK DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN NOVEL PADA PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMA

RAMADHANTI, TIARA IKA (2021) UNSUR INTRINSIK DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN NOVEL PADA PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of TIARA IKA RAMADHANTI.pdf] Text
TIARA IKA RAMADHANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi, pada buku novel Guru Aini yang mengandung unsur
intrinsik novel yang terdiri dari tema, tokoh, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan
amanat. Penggunaan bahasa yang mudah dipahami menjadi salah satu alasan karya Andrea
Hirata menarik untuk diteliti. Dipilihnya buku novel Guru Aini Karya Andrea Hirata karena
di dalamnya mengandung unsur pendidikan sehingga menarik untuk dijadikan sebagai
bahan ajar pembelajaran novel. Hal tersebut menarik digunakan pendidik untuk
mengajarkan dan memperkenalkan peserta didik mengenai salah satu karya sastra seperti
novel. Selain itu penggunaan bahasa yang sederhana, mudah dipahami, alur yang disajikan
tidak rumit, mengandung bahasa kiasan, dan dapat memetik pembeljaran dari cerita yang
disajikan secara implisit dan eksplisit. Sehingga dapat dipertimbangkan sebagai alternatif
bahan ajar pembelajaran novel pada peserta didik kelas XII di SMA.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana unsur intrinsik ada dalam
novel Guru Aini karya Andrea Hirata? dan bagaimana novel Guru Aini karya Andrea Hirata
sebagai bahan ajar pembelajaran novel peserta didik kelas XII di SMA? Adapun tujuan
penelitian ini adalah mendeskripsikan unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Guru Aini
karya Andrea Hirata dan mendeskripsikan novel Guru Aini karya Andrea Hirata sebagai
bahan ajar pembelajaran novel pada peserta didik kelas XII di SMA.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
dokumen, kepustakaan, dan catat. Penggunaan teknik dokumen dalam penelitian ini berupa
novel yang menjadi sumber utama penelitian ini. Teknik kepustakaan dalam penelitian ini
untuk memperoleh data yang lebih beragam dengan memahami dan mencari dari berbagai
sumber sebagai pendukung baik di buku atau yang lainnya yang ada kaitannya dengan fokus
penelitian. Adapun teknik catat dalam penelitian ini dilakukan untuk mempermudahkan
peneliti mengumpulkan data sehingga dapat mendukung penelitian.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif yaitu menganalisis dan
mendeskripsikan data dari hasil penelitian. Selain itu tenik analisis data dengan penelitian
yang bersifat kualitatif dan hasil analisis dipaparkan secara deskriptif.
Analisis akhir berdasarkan hasil penelitian terdapat unsur intrinsik karya sastra yang
terdiri atas tema, tokoh, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat ditemukan
dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata, ketujuh unsur tersebut dituliskan dan
disampaikan baik berupa paparan situasi, ujaran langsung dan tidak langsung tokoh,
tanggapan antar tokoh, sikap masing-masing tokoh, suasana cerita, pandangan pengarang
terhadap jalan cerita, amanat cerita secara implisit dan eksplisit yang tersaji di dalamnya.
Novel Guru Aini karya Andrea Hirata relevan dan baik digunakan sebagai referensi bahan
ajar pembelajaran novel pada peserta didik kelas XII di SMA. Materi unsur intrinsik yang
terdapat dalam kurikulum 2013 terletak pada Kompetensi Dasar (3.9) dan (4.9). Hasil
penelitian unsur intrinsik dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata dapat dijadikan
sebagai bahan ajar pembelajaran novel pada peserta didik kelas XII di SMA.
Kata kunci: Unsur Intrinsik, Novel, Bahan Ajar, Pembelajaran Novel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 06:32
Last Modified: 24 Oct 2024 06:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6621

Actions (login required)

View Item
View Item