PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS 12 IPS DI SMA N 1 SINGOROJO KABUPATEN KENDAL

Riana, Luthfi Fajar (2021) PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS 12 IPS DI SMA N 1 SINGOROJO KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Lutfi Fajar Riana.pdf] Text
Lutfi Fajar Riana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Luthfi Fajar Riana “PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING
MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS 12 IPS Di SMA N 1 Singorojo
KABUPATEN KENDAL”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI
Semarang, 2021. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya partisipasi siswa
pada pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi kelas 12 IPS di SMA N 1
Singorojo kabupaten Kendal. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan
partisipasi siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi kelas 12 IPS di
SMA N 1 Singorojo kabupaten Kendal
Pembahasan hasil penelitian dilakukan dengan berpedoman teori cara
belajar siswa aktif dalam proses belajar mengajar, self regulated learning, dan e-
learning. Metode Penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan
penempatan sumber data atau informan snowball sampling. Uji keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data mengguakan
model interaktif dari Miles dan Huberman dengan langkah reduction data, display
data, dan conclusions: drawing/verifying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
partisipasi siswa kelas 12 IPS di SMA N 1 Singorojo kabupaten Kendal masuk
kategori cukup dikarenakan indikator kehadiran, mencari informasi dan
merefleksi diri siswa tercapai. Kesadaran pengumpulan tugas siswa masuk
kategori rendah dengan presentase pengumpulan tugas sebesar 28% atau 22
siswa saja yang mengumpulkan tugas. Prestasi belajar siswa kelas 12 IPS di
SMA N 1 Singorojo kabupaten Kendal masuk kategori sangat baik. Dikarenakan
96% siswa mendapatkan nilai pengetahuan dan keterampilan diatas batas
kriteria ketuntasan minimal.
Kata Kunci: Partisipasi Belajar, Kesadaran Pengumpulan Tugas, dan Prestasi
Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 06:32
Last Modified: 24 Oct 2024 06:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6620

Actions (login required)

View Item
View Item